Ancaman Radikalisasi di Kalangan Anak Muda, BNPT: Tanggung Jawab Seluruh Komponen Bangsa

oleh -10 views

TRIBUNNEWS.COM – Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irfan Idris, mengatakan upaya perlindungan terhadap anak-anak muda dalam pemahaman radikalisasi merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Dikutip dari tayangan live Kompas TV pada Sabtu (3/4/2021), Irfan menerangkan peran pendukung perlindungan seluruh komponen bangsa tersebut meliputi peran keluarga, orang tua, masyarakat, dan lingkungan serta pemerintah.

“Pemahaman anak muda itu dangkal, disinilah peran masyarakat, orang tua, lingkungan dan (meliputi seluruh) komponen bangsa.”

“Tidak cukup hanya negara, apalagi BNPT dan POLRI,” ujar Irfan.

Berangkat dari Penafsiran dan Pemahaman UU Nomor 5 Tahun 2018 Pasal 43 yang menjelaskan mengenai pencegahan dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap deradikalisasi nasional meliputi.

Pertama, mengenai kesiapsiagaan nasional dalam pemahaman.

Baca juga: BNPT: Radikalisme dan Terorisme Mengatasnamakan Agama adalah Musuh Agama dan Musuh Negara

Baca juga: BNPT Beberkan Tiga Indikator Orang yang Terjangkit Radikalisme Terorisme

Pemahaman aksi teror bukan mengarah pada satu paham keagaamaan, melainkan perilaku kelompok yang berniat melakukan propaganda nasional.

“Bagaimana masyarakat siap siaga dalam mememahami aksi teror yang tidak terkait dengan satu paham keagamaan, akan tetapi aksi anarkisnya dari yang disebarkan kelompok-kelompok propaganda teroris, baik global maupuan internasional,” ujar Irfan.

Sehingga perlu adanya pengawasan terhadap generasi muda.

Generasi muda sangat mudah menjadi sasaran karena dirasa memiliki kesempatan yang panjang, tenaga kuat, semangat tinggi, cepat mengakses informasi melalui media sosial

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *