Apa Itu Disintegrasi? Faktor Munculnya Disintegrasi dan Upaya Pencegahannya

oleh -46 views

TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini pembahasan mengenai disintegrasi, faktor munculnya disintegrasi, serta upaya pencegahannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disintegrasi merupakan keadaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan.

Sementara integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat.

Jika integrasi menimbulkan dampak kesatuan yang utuh atau bulat, maka disintegrasi dapat menimbulkan dampak munculnya konflik, keadaan tidak bersatu padu, perseteruan atau pertentangan.

Dikutip dari Integrasi dan Disintegrasi Dalam Perspektif Budaya (2003), disintegrasi berarti tidak bersatunya (independensi) berbagai komponen atau struktur dalam suatu sistem sosial atau masyarakat.

Kemudian, integrasi menunjuk pada pola keterkaitan (interdependensi) antara berbagai unsur atau struktur sosial dalam masyarakat atau sistem sosial.

Konsep tersebut pada dasarnya muncul dari asumsi fungsional bahwa masyarakat merupakan sebuah sistem yang terdiri dari unsur, komponen, struktur, yang dimana masing-masing struktur tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam satu kesatuan untuk suatu tujuan tertentu.

Dengan demikian, jika ada keterkaitan antar unsur tersebut maka terjadi integrasi sistem, namun sebaliknya jika unsur tersebut mengalami keterpisahan yang terjadi adalah disintegrasi sistem.

Baca juga: Apa Itu Orbit? Berikut Pengertian, Bentuk dan Sejarahnya

Baca juga: Apa Itu Perdagangan Internasional? Berikut Pengertian Lengkap dengan Teori Menurut Para Ahli

LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia melakukan aksi moral di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (2/8/2016). Dalam aksinya, mereka menyerukan menolak keras segala bentuk aktivitas yang mengarah pada tindakan makar dan separatisme, menolak siapa pun yang menginginkan terjadinya disintegrasi bangsa dan mengganggu stabilitas keamanan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia melakukan aksi moral di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (2/8/2016). Dalam aksinya, mereka menyerukan menolak keras segala bentuk aktivitas yang mengarah pada tindakan makar dan separatisme, menolak siapa pun yang menginginkan terjadinya disintegrasi bangsa dan mengganggu stabilitas keamanan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Faktor Munculnya Disintegrasi

Dikutip dari Integrasi dan Disintegrasi Dalam Perspektif Budaya (2003), disintegrasi sosial telah menjadi ancaman terbesar bagi masyarakat Indonesia, yang akhirnya menimbulkan kebutuhan untuk adanya integrasi.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *