AS dan Iran Saling Tuduh Tingkatkan Aktivitas Militer Jelang Peringatan Tewasnya Qassem Soleimani

oleh -29 views

TRIBUNNEWS.COM – Amerika Serikat (AS) dan Iran saling tuduh meningkatkan ketegangan di Teluk Persia karena kekhawatiran ada potensi konflik yang muncul beberapa hari sebelum peringatan satu tahun kematian Jenderal Qassem Soleimani.

Orang terkemuka Iran tersebut tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada awal Januari 2020 yang lalu.

Peringatan kematian Qassem Soleimani juga berlangsung beberapa pekan sebelum Presiden terpilih AS Joe Biden dilantik pada 20 Januari 2021.

Pada Kamis (31/12/2020), Iran meminta Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan AS melakukan peningkatan “petualangan militer” di Teluk dan Laut Oman, termasuk mengirim pembom berkemampuan nuklir ke wilayah tersebut.

Mengutip CNN, Iran pun menyatakan, mereka tidak menginginkan konflik tetapi akan membela diri jika perlu.

Awal pekan ini, pejabat pertahanan mengatakan kepada CNN,  pihak intelijen menunjukkan Iran telah memindahkan rudal balistik jarak pendek ke Irak.

Baca juga: Poster Qassem Soleimani Picu Kontroversi di Jalur Gaza

Baca juga: Soal Peringatan Kematian Qassem Soleimani, Iran Sebut Trump Cari Alasan untuk Menyerang

Seorang pejuang Irak dari unit paramiliter Hashed al Shaabi (Mobilisasi Populer) berjalan melewati poster yang menggambarkan komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis dan komandan Pengawal Revolusi Iran Qasem Soleimani (atas), di ibu kota Baghdad pada 30 Desember 2020, sebelum ulang tahun pertama pembunuhan mereka dalam serangan pesawat tak berawak AS.
Seorang pejuang Irak dari unit paramiliter Hashed al Shaabi (Mobilisasi Populer) berjalan melewati poster yang menggambarkan komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis dan komandan Pengawal Revolusi Iran Qasem Soleimani (atas), di ibu kota Baghdad pada 30 Desember 2020, sebelum ulang tahun pertama pembunuhan mereka dalam serangan pesawat tak berawak AS. (AHMAD AL-RUBAYE / AFP)

Aktivitas militer yang semakin cepat ini juga diimbangi dengan retorika.

Presiden Donald Trump, yang dilaporkan meminta opsi militer untuk menangani Iran pada November 2020 , men-tweet minggu lalu, dia akan “meminta pertanggungjawaban Iran” jika ada orang Amerika yang terbunuh.

Media Israel memperkuat laporan surat kabar Arab yang mengutip sumber AS yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan, Israel dan Arab Saudi sedang melobi Trump untuk menyerang fasilitas nuklir Iran sebelum dia meninggalkan kantor.

Seorang anak laki-laki Irak membawa potret komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis dan komandan Pengawal Revolusi Iran Qasem Soleimani selama demonstrasi di lingkungan Shoala barat Baghdad pada 1 Januari 2021, menuntut pengusiran pasukan AS dari Irak dan menyerukan balas dendam atas pembunuhan tersebut. al-Muhandis dan Soleimani, menjelang peringatan 3 Januari serangan drone AS. Pada 3 Januari, Irak akan menandai satu tahun sejak serangan pesawat tak berawak AS menewaskan komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala jaringan paramiliter Hashed Al-Shaabi yang bersekutu dengan Teheran, bersama Soleimani, kepala operasi elit eksternal Iran. Pengawal Revolusi, hampir memicu konflik yang masih dikhawatirkan banyak orang.
Seorang anak laki-laki Irak membawa potret komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis dan komandan Pengawal Revolusi Iran Qasem Soleimani selama demonstrasi di lingkungan Shoala barat Baghdad pada 1 Januari 2021, menuntut pengusiran pasukan AS dari Irak dan menyerukan balas dendam atas pembunuhan tersebut. al-Muhandis dan Soleimani, menjelang peringatan 3 Januari serangan drone AS. Pada 3 Januari, Irak akan menandai satu tahun sejak serangan pesawat tak berawak AS menewaskan komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis, wakil kepala jaringan paramiliter Hashed Al-Shaabi yang bersekutu dengan Teheran, bersama Soleimani, kepala operasi elit eksternal Iran. Pengawal Revolusi, hampir memicu konflik yang masih dikhawatirkan banyak orang. (AHMAD AL-RUBAYE / AFP)

Baca juga: 8 Roket Targetkan Kedutaan Besar AS di Baghdad, Jelang Peringatan Meninggalnya Qassem Soleimani

‘Benar-benar prihatin’

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *