Australia Bakal Tanpa Google dan Facebook

oleh -28 views

TRIBUNNEWS.COM, CANBERRA – Raksasa mesin pencari di internet, Google, mengancam akan menutup layanan secara penuh di Australia.

Google menentang rencana UU yang akan memaksa mereka dan Facebook Inc membayar ke penerbit Australia untuk konten berita yang didistribusikan atau muncul di layanan mereka.

Hingga saat ini, Google menjalankan 95 persen pencarian konten web dan konten apa saja di Australia. Situasi ini bisa menyulitkan begitu banyak pengguna.

Jika Google dan Facebook keluar dari Australia karena UU itu, ini akan menjadi kerangka jurisdiksi Kanada dan Uni Eropa yang juga terlibat perselisihan dan ingin mengerem keunggulan Google.

Namun menonaktifkan Google, akan menyerahkan Australia kepada para pesaingnya, termasuk Bing dan DuckDuckGo dari Microsoft Corp.

Pesaing mesin pencari ini tiba-tiba akan memiliki tempat bermain untuk pengembangan dan pijakan untuk maju di panggung global.

Baca juga: Pemerintah Diminta Lebih Tegas Atur OTT Asing Seperti Facebook dan Google Cs

Baca juga: Google Ikuti Jejak Apple Hadirkan Fitur Anti Pelacak Data

Tulisan yang dipublikasikan Bloomberg dan dikutip Aljazeera.com, Jumat (12/2/2021), mahasiswa IT di Australia, Patrick Smith, mencontohkan betapa ia sangat tergantung pada Google.

Pria berusia 24 tahun dari Canberra ini mengatakan terkadang dia melakukan 400 penelusuran Google setiap hari untuk membantu studinya.

Ia juga mengikuti berita, dan mencari resep makanan. Smith menunjukkan contoh penelusuran yang dilakukan, ada 150 penelusuran hanya dalam waktu lima jam.

“Rencana menghilangnya Google itu paling menakutkan,” kata Smith. “Saya refleks ke Google tentang sesuatu, apa pun, bahkan jika saya sedikit tidak yakin tentang sesuatu (mencari ke Google),” akunya.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *