BMKG Peringatan Dini Cuaca Rabu 17 Februari 2021: Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

oleh -12 views

TRIBUNNEWS.COM – Simak peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia untuk Rabu (17/2/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi hujan lebat hingga disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sehubungan dengan itu, terdapat potensi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Sementara wilayah Nusa Tenggara Timur diperkirakan terjadi hujan yang dapat disertai angin kencang.

Baca juga: Info Cuaca BMKG Besok Rabu, 17 Februari 2021: Potensi Cuaca Ekstrem di 18 Daerah

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Besok, Rabu 17 Februari 2021: Waspada Cuaca Ekstrem di 28 Wilayah

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Selasa (16/2/2021), menyampaikan adanya Bibit Siklon Tropis 91W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 kt dan bergerak ke arah barat.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan Timur Filipina, di Papua Barat bagian Utara dan di Papua.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di NTT bag Timur dan Kep. Aru-Tanimbar.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Pesisir Barat Lampung, di Pesisir Selatan Jawa Tengah, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah bagian Timur.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah
sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem Rabu (17/2/2021):

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *