Brexit: Era baru Inggris setelah resmi meninggalkan Uni Eropa

oleh -36 views

Era baru telah dimulai Inggris setelah secara resmi meninggalkan Uni Eropa (UE).

Inggris berhenti mengikuti aturan UE pada pukul 23:00 waktu setempat, dan beralih pada pengaturan pengganti untuk perjalanan, perdagangan, imigrasi, dan kerja sama keamanan.

Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson mengatakan “kebebasan ada di tangan kami”. Menurutnya, Inggris mampu melakukan berbagai hal “secara berbeda dan lebih baik” setelah proses Brexit yang panjang telah berakhir.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan Inggris tetap menjadi “teman dan sekutu”.

  • Enam hal yang perlu Anda ketahui tentang kesepakatan dagang pasca-Brexit
  • Brexit: Inggris resmi meninggalkan Uni Eropa
  • Brexit: ‘Bagi warga Indonesia yang mau wisata atau studi, Inggris akan semakin terbuka’, kata Dubes Inggris untuk Indonesia

Beberapa menteri Inggris telah memperingatkan akan ada beberapa gangguan dalam beberapa hari dan pekan ke depan.

Hal ini terjadi karena aturan baru mulai berlaku dan perusahaan-perusahaan asal Inggris yang melakukan kongsi dagang dengan negara-negara Eropa menerapkan perubahan tersebut.

Para pejabat Inggris berkeras bahwa sistem perbatasan baru “siap diberlakukan” di tengah kekhawatiran berbagai produk dagang akan tertahan di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan.

Brexit box banner

BBC

Inggris secara resmi meninggalkan Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara pada 31 Januari 2020, 3,5 tahun setelah rakyat Inggris memilih untuk meninggalkannya dalam referendum Brexit pada 2016.

Selama 11 bulan terakhir perpisahan ini tidak dapat dilakukan karena terbentur aturan perdagangan UE , selagi kedua belah pihak menegosiasikan masa depan kemitraan ekonomi mereka.

Brexit

Getty Images

Setelah perundingan dagang berakhir, perjanjian penting akhirnya disepakati pada Malam Natal. Kesepakatan ini kemudian dijadikan undang-undang di Inggris pada Rabu (30/12) setelah disetujui oleh Parlemen.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *