Bupati Batang Pilih Tak Tutup Tempat Keramaian saat Jateng di Rumah Saja, Ini Respons Ganjar Pranowo

oleh -27 views

TRIBUN-VIDEO.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberlakukan gerakan Jateng di Rumah Saja mulai hari ini, Sabtu (6/2) hingga esok Minggu (7/2).

Namun, Bupati Batang, Wihaji mengaku belum menutup pusat keramaian.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta Bupati Batang untuk segera menutupnya.

Wihaji menilai dengan penutupan pusat keramaian di akhir pekan akan mengganggu perekonomian pedagang kecil.

“Surat edaran sudah saya baca, ada poin akhir yang harus kita lihat kondisi lokal Batang dengan menerjemahkan SE tersebut yang harus memahami suasana kebatinan rakyat, seperti pedagang somay, mi ayam keliling atau para pelaku UMKM yang mendapat rezeki di hari libur akhir pekan,” tutur Wihaji.

Dikutip dari Kompas.com, Wihaji mengatakan meski dirinya memahami sikap Gubernur untuk menanggulangi pandemi Covid-19, ia juga tak ingin mengenyampingkan nasib para pedagang.

Kendati demikian, Wihaji tetap mengimbau warga yang tak berkepentingan mendesak untuk beraktivitas di rumah saja.

“Di situ (akhir pekan) aktivitas ekonomi rakyat mendapatkan rezeki, kita memahami situasi kebatinan Pak Gubernur tapi kita harus memahami suasana kebatinan rakyat Batang,” kata dia.

“Silakan yang tidak ada aktivitas ya di rumah saja. Tapi yang mencari rejeki silakan cari rejeki,” lanjut Wihaji.

Saat ditemui pada Jumat (5/2), Ganjar meminta Wihaji untuk segera menutup tempat keramaian terlebih masih ada waktu unuk melakukannya.

Ganjar menilai saat ini kasus Covid-19 di Jawa Tengah masih tinggi.

Sehingga penutupan tempat keramaian sementara waktu berguna untuk mencegah kerumunan massa untuk menekan laju penularan Virus Corona.

Ganjar sebelumnya memang mengizinkan daerah membuat regulasi sebagai tindak lanjut SE, berdasarkan kearifan lokal masing-masing wilayah.

Namun, ia menekankan agar pemimpin daerah juga harus peka melihat kondisi.

(TribunVideo.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tanggapi Bupati Batang yang Tak Tutup Tempat Keramaian, Ganjar: Tutup Saja, Masih Ada Waktu”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/02/06/07150061/tanggapi-bupati-batang-yang-tak-tutup-tempat-keramaian-ganjar–tutup-saja?page=all#page2.

Editor : Pythag Kurniati

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.