China berupaya cegah mudik massal saat Imlek 2021, dari iming-iming angpau hingga layanan kesehatan gratis

oleh -17 views

Salah satu mobilitas manusia terbesar sedunia baru saja dimulai di China. Jutaan orang di negara itu akan mudik ke seluruh penjuru daerah, melintas perjalanan sejauh ribuan kilometer, untuk merayakan Imlek yang akan jatuh pada 12 Februari mendatang.

Bagi banyak penduduk China, Imlek adalah satu-satunya peristiwa dalam setahun untuk bertemu dengan keluarga. Hampir semua warga China tak ingin melewatkan perayaan ini.

Namun muncul kekhawatiran bahwa musim mudik yang dalam bahasa lokal dikenal dengan istilah Chunyun ini bakal menjadi ajang penyebaran virus corona.

Musim mudik Imlek di China tahun lalu diyakini pemicu besar pandemi Covid-19.

Saat ini pemerintah China menghadapi dilema. Dapatkah China meyakinkan warganya untuk tetap tinggal di rumah tanpa harus membatalkan perayaan tahunan terbesar mereka?

Aturan tegas

Perayaan Imlek di China berlangsung dari 28 Januari sampai 8 Maret. Selama periode itu penduduk China diyakini bakal melakukan perjalanan ribuan kilometer, jelang dan setelah Imlek yang jatuh tanggal 12 Februari.

Pada masa-masa sebelumnya, terjadi hingga tiga miliar perjalanan pada musim mudik ini.

Namun tahun 2020, saat virus corona mulai menjangkiti warga China dan pembatasan perjalanan diterapkan, jumlah perjalanan mudik turun lebih dari setengahnya.

Graphic

BBC

Sementara tahun ini, seiring kehidupan berangsur normal di berbagai wilayah China, otoritas lokal memprediksi selama periode Chunyun akan terjadi 1,7 miliar perjalanan mudik.

Sebelum arus perjalanan benar-benar bergulir, China berencana memberikan vaksin Covid-19 kepada 50 juta orang atau 3,5% dari total populasi.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.