China setujui penggunaan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm, pakar: ‘Saya kaget jika ada negara Barat yang mengizinkan’

oleh -36 views

Pihak regulator China telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinopharm.

Persetujuan itu mengemuka setelah Sinopharm mengatakan efektivitas vaksin tersebut mencapai 79,34%, sebagaimana tertera pada analisis sementara uji klinis fase tiga.

Namun, sejumlah pakar skeptis dengan data tersebut. Bahkan salah satu ahli mengatakan dirinya bakal kaget jika ada negara Barat yang mengizinkan penggunaan vaksin China.

Dalam keterangan kepada para wartawan pada Kamis (31/12), Deputi Komisioner Lembaga Produk Medis Nasional, Chen Sifei, mengatakan pihaknya telah memberikan “izin secara bersyarat” pada vaksin Sinopharm.

Izin dalam kategori itu membantu obat darurat digunakan secara massal ketika uji klinis belum memenuhi standar, namun terindikasi berfungsi ampuh.

“Keuntungan yang diketahui dari vaksin baru virus corona Sinopharm lebih besar dari risiko yang diketahui dan yang berpotensi menjadi risiko,” kata Chen sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Pemberian izin ini juga memberikan wewenang kepada pemerintah untuk “memperluas vaksinasi kepada kelompok berisiko tinggi, mereka yang rentan mengalami infeksi virus nan parah…dan para lansia,” ujar Zeng Yixin, Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional.

China menghadapi tantangan untuk menyediakan vaksin bagi populasinya yang mencapai lebih dari 1,3 miliar jiwa.

“Secara umum, kami harus memvaksinasi 60% sampai 70% untuk menciptakan perlindungan universal,” tambah Zeng.

sinopharm

Reuters

Vaksin Sinopharm adalah vaksin pertama yang disetujui pihak regulator China. Belum diketahui kapan vaksin Sinovac mendapat persetujuan.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.