Ebola: Seberapa berbahaya epidemi baru di Afrika Barat?

oleh -19 views

Guinea mengumumkan epidemi Ebola dengan delapan kasus yang dikonfirmasi dan tiga kematian.

Wabah tersebut sempat dinyatakan berakhir empat tahun lalu di Afrika Barat dan kala itu dianggap sebagai epidemi Ebola terbesar dan paling kompleks di dunia dengan menewaskan lebih dari 11.000 orang.

Kali ini, wabah diketahui telah menyebar di lahan permakaman masyarakat di Guinea tenggara, wilayah yang sama tempat wabah bermula pada 2013-2016 silam.

Seberapa berbahayanya Ebola dan apa yang dilakukan untuk mengatasi wabah tersebut?

Apa itu Ebola?

Ebola disebabkan oleh virus yang menyebar dari hewan liar ke manusia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Virus ini kemudian menyebar melalui kontak dari manusia ke manusia.

Health workers dressed in protective suits carry a coffin with the body of Congolese woman who died of Ebola in Butembo, DRC on 28 March 2019

Reuters
Ebola ditularkan melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi virus itu.

Gejalanya termasuk demam, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan, diikuti dengan muntah, diare, ruam dan, dalam beberapa kasus, pendarahan internal dan eksternal (misalnya, darah mengalir dari gusi atau bercampur dalam tinja).

Masa inkubasi – waktu antara tertular virus dan menunjukkan gejala – adalah antara dua hingga 21 hari.

Bagaimana Ebola ditularkan?

Ebola ditularkan melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh (seperti darah, feses, dan muntahan) dari orang yang mengidap Ebola, atau telah meninggal karena virus itu.

Benda yang telah terkontaminasi dengan cairan tubuh pasien Ebola juga dapat menularkan virus tersebut.

Petugas kesehatan sering terinfeksi saat merawat pasien yang dicurigai atau dipastikan menderita penyakit Ebola.

A health worker wearing protective gear is sprayed with disinfectant at the Nongo Ebola treatment centre in Conakry, Guinea, on August 21, 2015

AFP
Banyak petugas kesehatan terpapar virus tersebut selama wabah Ebola sebelumnya di Afrika Barat.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *