George W Bush Akan Hadiri Pelantikan Presiden Terpilih AS Joe Biden

oleh -62 views

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON –  Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joe Biden.

Namun mantan Presiden Jimmy Carter tidak akan menghadiri upacara yang akan digelar pada 20 Januari mendatang .

“Bush dan mantan Ibu Negara Laura Bush akan menghadiri pelantikan,” ujar Kepala Staf Bush, Freddy Ford seperti dilansir CNN, Rabu (6/1/2021).

Bush juga menghadiri pelantikan pertama Presiden Barack Obama dan Donald Trump.

“Presiden Bush dan Nyonya berharap dapat kembali ke Capitol untuk menghadiri pengambilan sumpah Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris,” kata Ford dalam sebuah pernyataan.

“Saya percaya ini akan menjadi pelantikan kedelapan yang mereka miliki hak istimewa untuk hadir — Presiden Trump menjadi yang terbaru — dan menyaksikan perpindahan kekuasaan secara damai adalah ciri khas demokrasi kita yang tidak pernah menjadi usang.”

Baca juga: Pilpres Amerika Serikat: Kemenangan Joe Biden Akan Disahkan Kongres Hari Ini, Bagaimana Prosesnya?

Presiden ke-43 itu adalah tokoh penting dari partai Republik yang pertama mengucapkan selamat kepada Biden atas kemenangannya setelah CNN dan organisasi media lainnya memproyeksikan ia akan memenangkan kursi kepresidenan pada November 2020.

“Meskipun kami memiliki perbedaan politik, saya tahu Joe Biden sebagai orang baik, yang telah memenangkan kesempatannya untuk memimpin dan menyatukan negara kita,” kata Bush.

“Presiden terpilih menegaskan kembali bahwa meskipun dia mencalonkan diri dari partai Demokrat, dia akan memerintah untuk semua orang Amerika. Saya menawarkan hal yang sama seperti yang saya tawarkan kepada Presiden Trump dan Obama, doa saya untuk kesuksesannya, dan janji saya untuk membantu dengan cara apa pun yang saya bisa.”

Carter dan mantan Ibu Negara Rosalyn Carter sebelumnya menghadiri dua pelantikan Obama dan Trump pada 2017 lalu.

“Presiden dan Ibu Carter tidak akan melakukan perjalanan ke Washington untuk menghadiri pelantikan tetapi telah mengirimkan harapan atau doa terbaik mereka kepada Presiden terpilih Biden dan Wakil Presiden terpilih Harris dan menantikan pemerintahan yang sukses,” ujar juru bicara Carter Center, Deanna Congileo dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

[embedded content]

Associated Press pertama kali melaporkan bahwa Carters tidak akan hadir. Pada usia 96 tahun, Carter adalah presiden tertua Amerika yang masih hidup.

Selain usia lanjutnya, Carter telah selamat dari kanker otak dan hati pada tahun 2019.

Kemudian faktor usia senja yang lebih rentan terhadap Covid-19 daripada orang yang lebih muda turut menjadi alasan ketidakhadirannya.

Pelantikan Biden akan digelar pada 20 Januari mendatang dan akan sebagian besar digelar virtual, dengan parade yang disiarkan televisi sebagai pengganti acara besar dan ramai yang telah mentradisi. 

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.