Hoax or Fact: Benarkah Tunggakan BPJS Kesehatan Bisa Lunas Hanya dengan Bayar 6 Bulan?

oleh -49 views

TRIBUN-VIDEO.COM – Beredar pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menyebut tunggakan BPJS Kesehatan bisa lunas hanya perlu dengan membayar 6 bulan.

Gimana ya kebenarannya? Yuk cek faktanya.

Beredar di pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menyebut pihak BPJS Kesehatan sedang melakukan program relaksasi tunggakan.

Narasi itu mengklaim bahwa peserta BPJS yang selama ini menunggak, hanya perlu membayar sebesar 6 bulan pembayaran untuk mengaktifkan kembali status keanggotaan.

Namun, setelah ditelusuri kabar itu tidak benar atau hoaks.

Pihak BPJS Kesehatan melalui akun pribadinya @BPJSKesehatanRI pada Rabu (16/12/2020), menjelaskan untuk mendaftar keringanan pembayaran tunggakan, peserta dapat melakukannya melalui aplikasi mobile JKN atau lewat care center atau kantor cabang BPJS Kesehatan.

Keringanan itu merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 Pasal 42 ayat 3a dan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020.

Kendati demikian, program resmi BPJS Kesehatan yakni untuk mengaktifkan kembali kartunya, peserta dapat melunasi tunggakan sebesar 6 bulan ditambah 1 bulan iuran berjalan dan sisa tunggakan dilunasi hingga akhir Desember 2021.

(Tribun-Video.com/ Rusintha)

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.