Ilmuwan Inggris Pertanyakan Peringatan PM Johnson Soal Klaim Varian Baru Covid-19 Lebih Mematikan

oleh -40 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkap beberapa bukti yang menunjukkan varian baru virus corona (Covid-19) yang ditemukan pada Desember 2020 di Inggris bukan hanya cepat menular tapi juga lebih mematikan.

Ini menjadi pernyataan kontradiktif dari pejabat tinggi Inggris terkait varian baru virus ini selama sebulan terakhir.

Dikutip dari laman Sputnik News, Minggu (24/1/2021), Ilmuwan senior Inggris menyatakan keprihatinan mereka terkait pernyataan yang disampaikan Boris Johnson.

Pernyataan terkait data tentang varian baru Covid-19 Inggris yang menunjukkan peningkatan risiko kematian hingga 30 persen dibandingkan dengan sebelumnya, dianggap terlalu cepat dirilis.

Baca juga: Kementerian Perhubungan Uji Coba Alat Deteksi Covid-19 GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan

Hal itu karena tinjauan menyeluruh terhadap temuan itu pun masih berlangsung hingga saat ini.

Data tersebut dipresentasikan Boris Johnson pada briefing Downing Street hari Jumat lalu.

Menurut para peneliti, masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan kuat yang hanya didasarkan pada peningkatan angka kematian dari varian baru virus tersebut.

Seperti yang disampaikan seorang anggota dari Komunitas Pandemi Influenza Ilmiah pada subkelompok Pemodelan (Spi-M) Sage, Dr Mike Tildesley.

Baca juga: Iran Akan Mulai Vaksinasi Covid-19, Presiden Rouhani Rahasiakan Vaksin Asing yang Diimpor

“Saya sebenarnya cukup terkejut dengan berita yang diumumkan pada konferensi pers, tampaknya telah naik sedikit dari sekitar 10 orang per seribu menjadi sekitar 13 orang, yang merupakan kenaikan yang cukup kecil namun berdasarkan jumlah yang relatif kecil,” kata Tildesley.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.