Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Turun, Mahfud MD: Saya Sudah Menduga

oleh -33 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengaku sudah menduga kontrovesi terkait revisi Undang-Undang KPK pada 2019 lalu dan maraknya potongan hukuman bagi koruptor di tahun 2020 akan mempengaruhi turunnya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia tahun 2020.

Kata Mahfud, kontroversi revisi undang-undang KPK pada 2019 lalu yang secara umum dianggap sebagai produk hukum yang akan melemahkan pemberantasan korupsi bisa menimbulkan persepsi apapun.

Meskipun faktanya, menurut dia, tergantung sudut apa yang disorot dari Undang-Undang tersebut.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat Peluncuran Indeks Perspsi Korupsi (IPK) Indonesia Tahun 2020 oleh Transparency International Indonesia (TII) secara daring pada Kamis (28/1/2021).

Baca juga: Moeldoko: Pemerintah Tak Pernah Luntur dalam Pemberantasan Korupsi

“Tetapi saya sudah menduga bahwa ini akan menimbulkan persepsi buruk di dunia internasional, dunia hukum mengenai pemberantasan korupsi, melemahnya pemberantasan korupsi,” kata Mahfud.

Untuk yang kedua, kata Mahfud, di tahun 2020 marak pengurangan hukuman terhadap koruptor oleh pengadilan di bawah MA maupun di MA sendiri pada tingkat kasasi.

Meski demikian, kata Mahfud, ia tidak mau menyalahkan hal tersebut sepenuhnya kepada lembaga yudikatif karena bagaimana pun korupsi tersebut terjadi di dalam sistem negara yang di dalamnya juga ada eksekutif atau pemerintah.

Baca juga: IPK Indonesia Melorot, KPK Ingatkan Bencana Buka Celah Korupsi

“Cuma, saya melihat itu sebagai salah satu indikator itu akan menyebabkan persepsi. Bagi saya ini persepsi, namanya juga CPI (Corruption Perception Index),” kata Mahfud.

Bagaimanapun Mahfud mengucapkan terima kasih telah diberi kesempatan untuk mendengar dan mengometari terkait IPK Indonesia yang telah disusun oleh TII.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.