Jepang Beli 200 Juta Dolar AS Vaksin dalam Pertemuan G7 Online

oleh -18 views

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Guna meningkatkan kontribusinya pada kerangka internasional, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menekankan untuk melakukan pembelian bersama vaksin covid-19 sebesar 200 juta dolar AS.

“Sejak menjabat sebagai Perdana Menteri pada September tahun lalu, dengan keinginan kuat untuk secara konsisten melindungi kehidupan dan penghidupan masyarakat, saya telah belajar banyak dari pengalaman sejak tahun lalu. Kami telah belajar dan mengambil apa yang kami anggap terbaik,” ungkap PM Yoshihide Suga dalam pertemuan G7 Online, Jumat (19/2/2021).

“Vaksin adalah faktor penentu untuk konvergensi infeksi lebih lanjut, dan penting untuk memastikan akses yang adil, termasuk di negara berkembang. G7 harus menentang proteksionisme di sektor kesehatan,” tambahnya.

Selain itu ditekankannya pula, penting untuk mempercepat penyebaran vaksin, dan mengumumkan bahwa setiap negara akan meningkatkan kontribusinya pada kerangka internasional untuk pembelian bersama vaksin di mana Jepang akan mengeluarkan dana 200 juta dolar AS untuk vaksin.

Baca juga: Bos Perusahaan di Jepang Didenda Rp 40 Juta Setelah Aniaya Istri Pakai Stik Golf

Baca juga: Mulai 1 April 2021 Remaja Usia 18-19 Tahun di Jepang Bisa Masuk Penjara Jika Melakukan Tindak Pidana

Panggilan dukungan untuk Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade juga dilakukan PM Suga.

“Kami bertekad untuk mengadakannya sebagai bukti bahwa umat manusia telah mengatasi virus corona baru. Kami akan bekerjasama dengan International Olympic Committee (IOC) untuk mewujudkan Olimpiade yang aman dan terjamin. Kami akan terus melakukan persiapan sebaik mungkin,” ujarnya.

PM Suga mengimbau setiap negara untuk mendukung Asian Games di China yang menurutnya perlu dipertahankan hubungannya dengan China.

Namun sekaligus mengungkapkan keprihatinan Jepang atas China yang secara sepihak melakukan agresi di Laut Tiongkok Timur dan Laut Tiongkok Selatan dan China tampak berusaha mengubah status quo daerah tersebut.

Perdana Menteri Suga “mendapat dukungan dari semua pemimpin G7” untuk mewujudkan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade.

Baca juga: Bunuh Eksekutif Kobe Yamaguchi-gumi, Mantan Gangster Yakuza Jepang Dipenjara Seumur Hidup

Baca juga: Jumlah Tenaga Medis Jepang yang Akan Divaksinasi Covid-19 Menjadi 4,7 Juta Orang

 
“Kami melakukan diskusi yang berfokus pada tindakan melawan corona baru. Kami akan mengumumkan situasi dan tindakan infeksi di Jepang serta mendapatkan evaluasi.”

“Kami berdiskusi pentingnya distribusi yang adil dari vaksin, yang merupakan faktor penentu dalam konvergensi infeksi, dan disepakati ke arah itu,” tegas Suga.

Pertemuan itu adalah pertemuan pertama dengan para pemimpin G7 dilakukan PM Suga, namun dianggap sebagai  pertemuan yang sangat kuat untuk berbagi nilai-nilai universal dan bersatu sebagai pemimpin termasuk “Pasca Corona”.

Di sisi lain, ketika wartawan menanyakan kesan mereka saat pertama kali berpartisipasi dalam pertemuan para pemimpin G7, mereka berkata, “Kita telah melakukan pembicaraan telepon dengan masing-masing pemimpin, jadi saat tampil sudah terasa dekat satu sama lain.”

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: [email protected]

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.