Kapal ADRI 50 Bawa Satgas Penanggulangan Bencana Banjir Kalsel Kembali ke Jakarta

oleh -375.375 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kapal Angkatan Darat ADRI-L (50) sandar di Pelabuhan Satangair Pusbekangad Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang merupakan home basenya pada Rabu (10/2/2021) usai menunaikan misi kemanusiaan penanggulangan bencana banjir Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kapal yang berbobot 1.200 DWT (Deadweight Tonnage) tersebut mengangkut 64 personel Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Banjir Kalsel dengan 35 ABK.

Kapal dan Satgas tersebut disambut oleh Irjenad Letjen TNI Benny Susianto.

Dalam sambutan tertulis KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan Benny, Andika mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi serta kerja keras dari seluruh awak ADRI 50 dan anggota Satgas Bantuan Kemanusiaan yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.

Baca juga: Video Detik-detik Keranda Berisi Jenazah Diangkut Perahu Karet di Tengah Kepungan Banjir di Bekasi

“Pemberian bantuan kemanusiaan ini merupakan komitmen dan salah satu bukti nyata dari pengabdian TNI AD, yaitu dengan senantiasa hadir dan siap membantu berbagai kesulitan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia,” kata Andika sebagaimana disampaikan Benny dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Darat pada Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Aksi Cepat Tanggap Kalsel Mulai Distribusikan Kapal Kemanusiaan

Benny juga mengatakan TNI AD akan selalu siap mengerahkan Alutsista serta sarana prasarana lainnya, untuk membantu mengatasi berbagai kesulitan masyarakat baik itu berupa pembangunan kembali fasilitas umum yang rusak akibat bencana alam, membuka akses jalan bagi daerah yang terisolir, distribusi bantuan logistik, maupun berbagai tugas lainnya.

[embedded content]

Ia juga meminta agar para personel segera melakukan konsolidasi dengan baik sehingga siap kembali untuk melaksanakan tugas selanjutnya.

“Jangan pernah berhenti melakukan evaluasi agar tugas- tugas ke depan lebih baik lagi. Jaga kesehatan dengan sebaik-baiknya termasuk keluarga di tengah pandemi Covid-19 dan setelah ini seluruh personel akan dilakukan swab sebelum kembali ke satuan asal,” kata Benny.

Sekadar informasi Satgas Gulben TNI AD telah melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan di wilayah Kalsel kurang lebih selama sebulan.

Di sana, Satgas telah melakukan sejumlah upaya di antaranya membangun jembatan bailey sepanjang 18 meter dengan lebar 4 meter di atas Sungai Pabahanan Kabupaten Tanah Laut dan mendirikan dapur lapangan di empat titik lokasi banjir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Asops Kasad Mayjen TNI Surawahadi, Kapusbekangad Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus, Wakapusbekangad Brigjen TNI Helly Guntoro  dan Dircab Pusbekangad Brigjen TNI Agus Santoso.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *