Kata Mabes Polri Soal Kasus Pelecahan Lagu Indonesia Raya oleh Youtuber Malaysia

oleh -172 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Markas Besar Kepolisian RI angkat bicara soal akun Youtube asal Malaysia bernama MY Asean yang diduga menghina Indonesia dengan memparodikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyatakan pihaknya telah memerintahkan Direktorat Siber Bareskrim Polri untuk segera berkoordinasi dengan kementerian terkait perihal adanya konten tersebut.

“Kita sebagai bangsa Indonesia kita punya nasionalisme yang tinggi dan penyidik dalam hal ini Siber Bareskrim sudah berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan instansi terkait dan ini menjadi bagian daripada penyidik cybercrime,” kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Kecam Parodi Lagu Indonesia Raya, La Nyalla: Menginjak-injak Kehormatan RI

Argo menuturkan nantinya Polri akan terlebih dahulu memastikan lokasi pasti pemilik akun YouTube tersebut. Apakah benar akun itu memang berasal dari Malaysia atau bukan.

Selanjutnya jika memang dibutuhkan, pihaknya akan membuatkan laporan terkait akun tersebut.

“Kalau memang kita perlu membuat laporan kita akan buat laporan. Prinsipnya Polri tetap melakukan penyelidikan berkaitan dengan lagu Indonesia Raya yang diplesetkan itu dan Polri tidak bisa berdiri sendiri. Ada beberapa Kementerian yang kita harus lakukan koordinasi sehingga nanti kalau kita sudah koordinasi dengan intensif setiap langkahnya nanti kita akan sampaikan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta mengecam keras akun Youtube MY Asean yang menghina Indonesia dengan memparodikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Baca juga: Lutfi Agizal Marah Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Laporkan Akun YouTube MY Asean ke Polisi

Dalam keterangan resmi yang diunggah sosial media Facebook Kedubes Malaysia mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan note terkait video yang telah menghina Indonesia yang diduga di upload dari Malaysia.

“Kedutaan menegaskan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut,” mengutip keterangan yang diunggah Minggu (27/12/2020).

Kedubes Malaysia berjanji akan menindak tegas pengunggah parodi lagu jika terbukti pelaku pembuat dan pengunggah parodi lagu Indonesia Raya tersebut terbukti merupakan warga negara Malaysia.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.