Kecerdasan Artifisial Sudah Menjadi Bagian Hidup Sehari-hari, Masyarakat Perlu Diberi Literasi

oleh -25 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Banyak sektor penopang perekonomian telah menerapkan teknologi Kecerdasan Artifisial (KA) atau Artificial Intelligence (AI).

Namun tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa  teknologi ini ‘telah akrab’ dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan teknologi KA dapat mempermudah manusia dalam melakukan banyak hal.

“KA akan membuat manusia lebih mudah memilih dan melakukan hal lebih baik. Akan tetapi adopsi teknologi ini harus tetap dilakukan secara prudent, provident, dan trustworthy, serta sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia,” ujar Hammam, dalam keterangan resminya, Sabtu (1/5/2021).

Diperlukan literasi mengenai pentingnya teknologi ini, agar dapat menambah pengetahuan dan menumbuhkan rasa percaya masyarakat terhadap teknologi ini.

Baca juga: Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan di Instalasi Radiologi Khusus Penyakit Stroke

“Terkait literasi yang telah dilakukan, hal itu tidak lain ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan rasa percaya masyarakat akan pemanfaatan KA,” jelas Hammam.

Baca juga: Artificial Intelligence Summit 2020, Ajang Indonesia Unjuk Gigi di Inovasi Kecerdasan Buatan

Dia tidak menampik, nantinya akan ada banyak bidang pekerjaan yang akan tergantikan oleh KA seiring pemanfaatannya yang semakin masif.

Kendati demikian, hal itu menurutnya bukan untuk mematikan mata pencaharian yang ada saat ini, namun membuka peluang profesi atau pekerjaan baru sebagai pelaku teknologi KA.

Baca juga: Jepang – Indonesia Kerja Sama terkait Teknologi Rekayasa Genetika Secara Artifisial

Di era ekonomi digital ini, kata dia, industri e-commerce banyak mendapatkan manfaat dari penerapan teknologi KA.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.