Kemenpan RB: Indeks Pelayanan Publik Setingkat Polres Alami Peningkatan Tiga Tahun Terakhir

oleh -14 views

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan ada peningkatan indeks pelayanan publik di lembaga kepolisian di tingkat Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir.

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB terhadap 209 unit layanan Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro pada rentang waktu 2018, 2019, dan 2020. 

“Angka indeks hasil evaluasi lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan,” ucap Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa dalam acara ‘Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020,’ Selasa (16/2/2021).

Diah mengatakan, pada tahun 2018 angka indeks layanan publik oleh kepolisian sebesar 3,31 persen dengan kategori baik.

Angka itu meningkat cukup signifikan menjadi 3,57 persen dengan kategori baik pada 2019. 

Baca juga: Kemenpan RB: Pelayanan Publik Kepolisian untuk Masyarakat Alami Peningkatan Tiga Tahun Terakhir

“Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, perolehan indeks pelayanan publik lingkup Polres Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro tahun 2020, adalah sebesar 3,71,” tutur Diah.

“Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” sambung Diah.

Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian oleh Kemenpan RB

Di antaranya Kebijakan Pelayanan; Profesionalisme SDM; Sarana dan Prasarana; Sistem Informasi Pelayanan Publik; Konsultasi dan Pengaduan; serta Inovasi Pelayanan Publik. 

Hasil evaluasi Kemenpan RB tahun 2020 memberikan skor A kepada 12 lembaga setingkat polres, nilai A- pada 40 kepolisian resor. 

Nilai B diberikan kepada 96 kepolisian resor, 43 kepolisian resor mendapatkan B-, 16 kepolisian resor memperoleh nilai C, dan 2 kepolisian resor mendapatkan nilai C-.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *