Komnas Perempuan Minta Akses BKN Baca Langsung Daftar Pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

oleh -8 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKomnas Perempuan mejalin komunikasi dengan Badan Kepegawaian Negeri (BKN) RI menyikapi polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengatakan komunikasi dilakukan, agar Komnas Perempuan bisa memahami maksud, tujuan, dan cara ukur dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam tes wawasan kebangsaan.

“Kami meminta akses untuk membaca langsung daftar pertanyaan dan untuk berdiskusi dengan tim penguji, yang menurut info awal terdiri dari BIN, BAIS, Psiko AD dan BNPT agar bisa memahami maksud, tujuan dan cara ukur dari pertanyaan-pertanyaan tersebut,” kata Andy ketika dihubungi Tribunnews.com, Minggu (9/5/2021).

Dari informasi yang berkembang, kata Andy, sejumlah pertanyaan telah menuai kritik karena dianggap tidak relevan dan bias gender atau misoginis.

Baca juga: Sudirman Said: Tes Wawasan Kebangsaan Jangan Sampai Jadi Alat Menindas

Tetapi, lanjut dia, untuk bisa memberikan penilaian utuh mengenai hal tersebut, pihaknya perlu membangun komunikasi dengan BKN.

“Pengkajian yang lebih utuh ini merupakan hal penting untuk menakar akuntabilitas proses dan muatan pengujian wawasan kebangsaan. Kami berharap hasilnya nanti dapatmendorong perbaikan yang sifatnya sistemik,” kata Andy.

Diberitakan sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) lewat Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) mengungkap dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan pelecehan seksual lewat pertanyaan yang dilakukan pewawancara terhadap calon ASN di KPK.

Pasalnya dalam sesi wawancara tes wawasan kebangsaan (TWK), PBNU menemukan sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara sama sekali tidak terkait dengan wawasan komitmen bernegara dan kompetensinya dalam memberantas korupsi.

Baca juga: Begini Pernyataan Resmi BKN Ihwal Tidak Lolosnya 75 Pegawai KPK karena Tes Wawasan Kebangsaan

“Mencermati cerita-cerita dari pegawai KPK yang diwawancarai terkait cara, materi dan durasi waktu wawancara yang berbeda-beda tempat terdapat unsur kesengajaan yang menargetkan pegawai KPK yang diwawancarai,” kata ketua LAKPESDAM PBNU, Rumadi Ahmad lewat keterangan pada Sabtu (8/5/2021).

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.