KPU Diminta Koordinasi dengan Kemendagri Soal Usulan Penundaan Pelantikan Orient Riwu

oleh -56 views

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bawaslu RI minta pelantikan Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore ditunda. Mereka juga meminta KPU RI berkoordinasi dengan Kemendagri untuk penundaan tersebut.

“Bawaslu meminta KPU RI berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri agar dapat melakukan penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Ini Alasan Bawaslu RI Hanya Minta Pelantikan Bupati Terpilih Sabu Raijua Ditunda Bukan Dibatalkan

Selain itu Bawaslu pun meminta KPU menindaklanjuti surat pemberitahuan status warga negara Orient Patriot Riwu Kore yang diterbitkan Kedutaan Besar Amerika Serikat tertanggal 1 Februari 2021. Surat itu pada intinya berisi pemberitahuan bahwa Orient adalah warga negara AS.

“Artinya, penundaan dulu. Jangan sampai dilakukan pelantikan. Ini kita minta dengan KPU berkordinasi dengan Kemendagri,” ucap Abhan.

Sebagai informasi, Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient Patriot Riwu Kore dikabarkan berstatus Warga Negara Amerika Serikat. Hal ini dibenarkan Bawaslu setempat berdasarkan surat balasan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Namun KPU mengatakan mereka sudah mengklarifikasi temuan Bawaslu kepada pihak Disdukcapil Kota Kupang, dan mendapat Orient Patriot Riwu Kore memiliki kartu tanda penduduk (KTP) warga negara Indonesia (WNI).

Baca juga: Kemendagri: Kami Bukan Otoritas yang Bisa Menentukan Kewarganegaraan Orient P Riwu Kore

Berdasarkan data KTP, Orient lahir di Kota Kupang, dan berdomisili di Desa Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak. Sehingga yang bersangkutan dinyatakan lolos syarat pencalonan kepala daerah.

Di Pilkada Serentak 2020, Orient yang berpasangan dengan Thobias Uly meraih suara terbanyak dalam pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sabu Raijua. Mereka mengantongi 48,3 persen suara. Orient dan Thobias juga telah ditetapkan KPU sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Diduga Punya Dua Kewarganegaraan

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.