Krisis Qatar: ‘Capaian historis’, Saudi dan pemimpin negara Teluk akhiri embargo tiga setengah tahun

oleh -44 views

Para pemimpin dewan kerja sama negara-negara Teluk (GCC) yang bertemu di Arab Saudi dalam pertemuan puncak menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri sengketa antara sejumlah negara dan Qatar.

Inilah untuk pertama kalinya Emir Qatar Sheikh Tamin bin Hamad al-Thani ikut serta dalam pertemuan puncak negara-negara Teluk sejak Arab Saudi, Uni Emirat Arabdan Bahrain menerapkan embargo atas tuduhan negara itu mendukung terorisme. Doha membantah tudingan itu.

Emir Kuwait Sheikh Nawaf al-Ahmad al-Jaber al-Sabah menggambarkan kesepakatan ini sebagai “capaian historis” atas rekonsilasi Teluk.

Sebelumnya, Emir Qatar Sheikh Tamim Al Thani disambut oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman setibanya di al-Ula, dan keduanya tampak berpelukan.

Pada Senin malam (04/01), Arab Saudi membuka perbatasan dengan Qatar dan seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan perjanjian akan ditandatangani.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar setelah menuding negara itu mendukung teroris.

Negara kaya gas ini menyanggah tuduhan dan menolak daftar permintaan yang dikeluarkan negara-negara tetangga pada saat dimulainya krisis tiga tahun lalu. Permintaan itu termasuk menurunkan hubungan diplomatik dengan Iran dan menutup jaringan Al Jazeera yang bermarkas di Doha.

Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat meningkatkan tekanan untuk meraih resolusi dan menekankan bahwa kesatuan negara Teluk penting untuk mengisolasi Iran.


Analysis box by Frank Gardner, security correspondent

BBC

Dicabutnya embargo Qatar memerlukan kesabaran, diplomasi rumit selama berbulan-bulan, terutama oleh Kuwait, yang bertindak sebagai pemimpin mediator. Namun dengan tekanan Gedung Putih karena Donald Trump mendekati hari-hari terakhirnya sebagai presiden.

Blokade selama tiga setengah tahun sangat merugikan perekonomian Qatar dan kesatuan Teluk.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *