KTT G7: Soal Asal-usul Covid-19, Kepala WHO Ungkap Para Pemimpin G7 Bahas Teori Kebocoran Lab Wuhan

oleh -10 views

TRIBUNNEWS.COM – Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan soal teori bocornya virus Covid-19 dari laboratorium China dibahas para pemimpin dunia pada KTT G7 di Cornwall, Sabtu (12/6/2021).

Melansir Independent, Dr Tedros mengatakan bahwa China belum bekerja sama sepenuhnya dengan bagian pertama penyelidikan internasional tentang asal mula wabah.

Ia juga meminta Beijing untuk meningkatkan transparansi demi “menghormati” para korban penyakit tersebut.

Ada kontroversi yang berkembang mengenai penyebab wabah yang dimulai di kota Wuhan di China pada akhir 2019, dengan meningkatnya tantangan terhadap teori dominan yang menyalahkan “pasar basah” di mana hewan liar dijual untuk dikonsumsi.

China membantah anggapan bahwa pandemi pembunuh itu bisa dipicu oleh kebocoran virus buatan manusia dari laboratorium penelitian keamanan tinggi di kota itu.

Baca juga: WHO Bentuk Yayasan untuk Perluas Pendanaan, Dr Tedros: Bukan Tanggapan atas Ancaman Trump

Baca juga: WHO Puji Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (VOA)

Berbicara melalui tautan video ke KTT G7 di Cornwall, Dr Tedros menyebut tidak ada cukup “transparansi dan kerja sama” dari China pada tahap awal penyelidikan.

Dr Tedros mengatakan bahwa teori kebocoran laboratorium dibahas pada sesi kesehatan KTT G7 di mana para pemimpin diberi pengarahan tentang inisiatif global baru untuk menghentikan transfer penyakit yang dibawa hewan ke populasi manusia di masa depan sebelum berkembang menjadi pandemi.

“Itu dimunculkan, dan kami membahas asal-usulnya,” kata kepala WHO itu.

Baca juga: Mengapa WHO Sebut Varian B.1.617.2 Sebagai Delta? Ini Penjelasannya

Baca juga: WHO Akui Tak Dapat Paksa China untuk Bocorkan Lebih Banyak Info tentang Asal-usul Covid-19

Dia menambahkan lebih dari 176 juta orang telah dikonfirmasi positif Covid – dan ini sebenarnya di bawah perkiraan, bisa lebih.

Sejauh ini hampir 3,8 juta orang telah meninggal.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.