Kudeta Myanmar: Perempuan yang tertembak dalam protes dalam kondisi kritis

oleh -25 views

Seorang perempuan pelaku unjuk rasa menolak kudeta militer di Myanmar dilaporkan dalam kondisi kritis dan dinyatakan mengalami kematian otak. Ia diduga tertembak peluru tajam oleh aparat keamanan.

Dia terluka pada protes pada hari Selasa (09/02) di ibu kota Nay Pyi Taw, di mana polisi berusaha membubarkan pengunjuk rasa menggunakan meriam air, peluru karet dan peluru tajam.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan luka-luka yang dialami perempuan itu konsisten dengan luka akibat peluru tajam.

Sejumlah laproan menyebutkan ada pengunjuk rasa yang mengalami luka parah karena polisi meningkatkan kekuatan, tetapi sejauh ini belum ada korban jiwa.

Puluhan ribu orang melakukan protes di jalan-jalan menentang kudeta -menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis minggu lalu- meskipun ada larangan baru-baru ini dilakukannya pertemuan besar dan diberlakukannya jam malam.

Demonstrasi dimulai kembali pada Rabu pagi (10/02), untuk hari kelima berturut-turut, dengan sekelompok besar pegawai negeri berkumpul di Nay Pyi Taw untuk berdemonstrasi.

Bagaimana perempuan itu bisa terluka?

Polisi telah menggunakan meriam air untuk melawan pengunjuk rasa di Nay Pyi Taw, yang menolak mundur.

Tembakan peringatan dilaporkan ditembakkan ke udara sebelum peluru karet ditembakkan ke kerumunan – tetapi dokter kemudian mengatakan tampaknya amunisi langsung (peluru tajam) mengenai pengunjuk rasa.

Menurut BBC Burma, yang berbicara dengan petugas medis yang tidak disebutkan namanya dari rumah sakit Nay Pyi Taw, seorang perempuan menderita cedera kepala yang serius dan seorang demonstran lainnya mengalami cedera dada. Wanita itu sekarang dalam perawatan intensif.

Kelompok hak asasi manusia dan outlet berita lokal mengatakan perempuan itu ditembak di kepala saat melakukan protes.

Seorang pengunjuk rasa yang mengenakan topeng memberi hormat dengan tiga jari

Getty Images
Demonstran di Myanmar

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.