Kunjungi Yordania, Ini Sederet Isu yang Dibahas Menlu Retno dengan Menlu Ayman

oleh -44 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, AMMAN – Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan kunjungan perdananya ke luar negeri di tahun 2021 dengan menyambangi Amman, Yordania pada Selasa (9/2/2021).

Menlu bertemu dengan Wakil Perdana Menteri/Menlu Yordania, Ayman Safadi.

Kedua Menlu melakukan pembahasan mendalam yang mencakup masalah bilateral dan juga regional, termasuk masalah global yang menjadi perhatian bersama yakni pandemi covid-19.

Baca juga: Jokowi Minta Menlu Negara ASEAN Adakan Pertemuan Untuk Membahas Perkembangan Politik Myanmar

“Tidak hanya mencakup Pemerintah ke tingkat Pemerintah, tetapi juga bisnis ke bisnis, Parlemen ke Parlemen dan People to People,” kata Menlu Retno pada konferensi pers secara virtual pada Selasa (9/2/2021).

Menlu Retno mengatakan kunjungannya ke Yordania untuk melakukan kerja sama konkret serta mewujudkan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat hubungan bilateral dengan Yordania.

Terutama, terkait penanganan pandemi covid-19 di kedua negara, yang disebut Menlu membutuhkan kerja sama yang lebih kuat daripada sebelumnya.

“Kerja sama adalah satu-satunya pilihan bagi kita untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi ini bersama-sama. Kami berkesempatan untuk mendiskusikan pentingnya akses yang sama terhadap vaksin untuk semua dan bahaya nasionalisme vaksin,” kata Retno.

Kunjungan Menlu ke Yordania juga untuk mengembangkan kerja sama di bidang produk pupuk yang telah dilakukan RI-Yordania selama bertahun-tahun.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi Dorong Kesetaraan Akses Vaksin Covid-19 Bagi Semua Negara dalam Pertemuan MIKTA

Retno menyebut pengoperasian Joint Venture ini berjalan dengan baik sejauh ini. RI juga bermaksud untuk menjajaki kerjasama lebih lanjut terkait fosfat dengan joint venture lainnya.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.