M Nuh: Transformasi Digital Adalah Satu Keharusan yang Mau Tidak Mau Harus Kita Lalui

oleh -11 views

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pers, M Nuh mengatakan transformasi digital adalah satu keharusan yang mau tidak mau harus kita lalui.

“Yang harus kita lakukan menghadapi masa ini adalah harus terus membangun kebersamaan. Sudah jelas “lawan” kita, gempuran disrupsi digital,” ungkap M Nuh saat memberikan sambutan pembuka pada Webinar Nasional tentang Jurnalisme Berkualitas: Menguatkan Keberlanjutan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi Ditengah Gempuran Disrupsi Digital dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Candi Bentar, Putri Duyung Ancol Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Menurut M Nuh, Media harus sustainability. Untuk itu perlu terus dikuatkan. Kawan-kawan pers esensinya adalah penjahit. Namun, kadang kala pakaian itu sering melorot robek sebelahnya sehingga menjadi tidak bermanfaat. Esensinya, pers harus terus menjahit sehingga tidak ada pakaian yang tidak bisa digunakan karena lengan sebelahnya, misalnya, copot,” jelas M Nuh.

Jadi, menurut M Nuh, tugas kita harus terus menjahit. Potensi kebangsaan dan kenegaraan harus terus dijahit supaya menjadi kuat.

Fenomena kemestian harus sinergi. Dalam konvegensi tidak ada yang tidak bisa. Hanya saja perlu dipikirkan kesahian, ketepatan, dan kualitas media.

“Ini adalah jalan yang benar. Keberlangsungan industri pwrs harus dijaga, dipastikan sustainabel,” tuturnya.

Perlindungan kepada wartawan dikatakannya harus disampaikan kepada pemerintah agar kesejahteraannya yang menjadi perjuangan yang tiada henti, daoat terwujud.

Sebab, tambahnya, apa yang kita hadapi sekarang, mau tidak mau harus dijalani. Transformasi media adalah satu keharusan yang tidak terbantahkan.

“Jangan kita terjebak pada ‘merasa nyaman’. Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan. Tak terkucuali transformasi teknologi. Saya berharap semua ini dapat kita lalui,” katanya.

Sebelumnya, saat membuka Webinar Nasional, Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab HPN 2021, Atal S Depari, mengajak semua insan pers untuk saling membangun, saling menopang, dan juga saling menguatkan dalam satu tujuan, menjaga negara kesatuan Republik Indonesia

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *