Ma’ruf Amin Harap Karya Terbaru Said Aqil Bisa Berikan Perspektif Beragama yang Damai dan Sejuk

oleh -23 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Maruf Amin menyampaikan apresiasi dan penghargaan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj atas terbitnya buku berjudul “Allah dan Alam Semesta Perspektif Tasawuf Falsafi”.

Diketahui, buku tersebut merupakan terjemahan dari disertasi Kiai Said yang berbahasa Arab dengan judul “Shilatul-Lah bil-Kawn fit-Tashawwuf al-Falsafi saat menuntut ilmu di Universitas Ummul Qura, Makkah, Arab Saudi.

“Setelah saya berkesempatan membaca buku ini, sungguh luas mengandung ilmu dan filsafat, bahasa dan kalimat yang mendalam maknanya, sehingga memerlukan perenungan dan kesabaran yang mendalam guna mendapatkan pemahaman yang benar dan utuh dari isi buku tersebut,” kata Maruf saat memberikan testimoni dalam acara peluncuran buku “Allah dan Alam Semesta Perspektif Tasawuf Falsafi” melalui konferensi video, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Bilang Transaksi di Pasar Muamalah Menyimpang, Bagaimana Sih Mekanisme Sebenarnya?

Menurut Wapres, karya Said Aqil tersebut kaya akan muatan substantif karena membahas secara mendalam dan detail mengenai aspek teoritis dalam ilmu tasawuf, di samping juga membahas relasi Allah dan alam, Allah dan manusia, hakikat Muhammad, al-Insan al-Kamil, Allah dan sifat-sifat-Nya, Tanzih, dan Tasybih.

“Terlebih lagi, buku ini juga dengan sangat mendalam membahas tentang kemajemukan dan kesatuan dari berbagai agama,” ujarnya.

Baca juga: Isu Reshuffle, Pertemuan Empat Mata Jokowi dan Maruf Amin hingga Komunikasi Intens dengan Megawati

Wapres berharap buku ini dapat memberi warna untuk memperkaya khazanah dan menyehatkan cara pandang dalam beragama dengan perspektif yang sejuk dan damai.

“Buku ini cocok dibaca dan perlu dipahami oleh para kiai, akademisi, dan pecinta tasawuf. Semoga karya ini turut memberikan andil dalam membangun baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Kiai Said Aqil Siroj yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam sambutan pengantarnya mengungkapkan tiga hal penting mengenai ilmu tasawuf.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Minta Fintech Dikembangkan untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pertama, Kiai Said meluruskan bahwa jenis tasawuf itu bukan falsafi dan amali, tetapi falsafi dan dieni.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *