Menhan Jepang Ingin Bertukar Pendapat dengan Prabowo tentang Isu-isu di Laut China Timur dan Selatan

oleh -6 views

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri Jepang dan Indonesia akan mengadakan pertemuan, Minggu (28/3/2021) besok di Tokyo.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengungkapkan keinginannya bisa berdiskusi dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengenai isu-isu sekitar Laut China Timur dan Laut China Selatan.

“Pertemuan 2+2 (Menlu dan Menhan kedua negara) ini akan dilaksanakan pertama kali di Jepang dalam lima tahun sejak pertemuan pertama dilaksanakan pada tahun 2015,” papar Menteri Kishi, Jumat (26/3/2021) sore.

Pada pertemuan tersebut sangat diharapkan bisa mendiskusikan mengenai Laut China Timur dan Laut China Selatan antara keduanya.

“Kami ingin bertukar pendapat tentang isu-isu di kawasan termasuk Laut China Timur dan Laut China Selatan dan masyarakat internasional, serta lebih memperkuat “kemitraan strategis” antara Jepang dan Indonesia. Menteri Prabowo yang akan berkunjung ke Jepang kali ini akan menggelar pertemuan para menteri pertahanan di Kementerian Pertahanan Ichigaya Tokyo mulai besok,” tambahnya.

Baca juga: Cari Partner Bangun Industri Baterai Kendaraan Listrik, 3 Menteri Jokowi ke Amerika dan Jepang

Baca juga: Penyulut Obor Estafet Olimpiade Jepang Berharap Masyarakat Semakin Cerah di Tengah Pandemi Covid-19

Kedua negara akan bertukar pendapat juga mengenai kerja sama Jepang-Indonesia di masa mendatang.

“Kami berencana untuk bertukar pendapat tentang kerja sama dan pertukaran pendapat mengenai pertahanan bilateral dan multilateral, termasuk situasi regional baru-baru ini,” ujarnya.

Menteri Kishi ingin terus terang tentang situasi regional, termasuk “upaya sepihak untuk mengubah status quo secara paksa” di Laut China Timur dan Laut China Selatan, dengan Indonesia.

“Negara Indonesia  memiliki populasi dan wilayah terbesar di ASEAN dan ingin berbagi nilai-nilai dasar, pada saat yang sama juga kami ingin memperkuat kerja sama pertahanan menuju terwujudnya “Indo-Pasifik” yang bebas dan terbuka,” kata dia.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *