Menko PMK Minta Tidak Ada Mercon dan Barongsai Dalam Perayaan Imlek

oleh -49 views

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili secara sederhana di tengah pandemi Covid-19 ini.

Muhadjir meminta perayaan Imlek jangan sampai berdampak negatif terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

“Pemerintah berkepentingan dengan kegiatan Imlek ini. Terutama jangan sampai peristiwa sakral ini kemudian justru punya dampak negatif terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19,” ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Selasa (9/2/2021).

Mantan Mendikbud ini mengingatkan agar kegiatan di luar ruangan berupa perayaan yang mengundang massa banyak sebaiknya dihindari.

Menurut Muhadjir, peringatan Imlek bukan hanya peringatan umat Konghucu atau peringatan kelompok masyarakat Tionghoa saja.

Peringatan Imlek, menurut Muhadjir, merupakan peristiwa budaya yang mengundang antusiasme seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Acara Tahun Baru Imlek Dilakukan Virtual, Usung Tema Peduli pada Diri Sendiri, Masyarakat dan Bangsa

“Ini himbauannya bukan kepada penganut agama tertentu, komunitas tertentu, tapi seluruhnya yang nanti akan merayakan Imlek ini supaya menahan diri,” tutur Muhadjir.

Pemerintah, kata Muhadjir, mengharapkan agar peringatan Imlek tahun ini bisa dirayakan dengan cara yang sederhana, tidak semarak, dan memaksimalkan teknologi dalam melakukan perayaan.

“(Peringatan Imlek) Cukup dengan cara yang sederhana. Tidak ada mercon, barongsai, bagi angpao secara terbuka. Angpaonya cukup dikirim melalui kiriman-kiriman misalnya pakai ojol (ojek online) atau pakai apa silahkan,” ucap Muhadjir.

“Saya kira justru kita ingin mencoba menikmati suasana prihatin Imlek tahun 2021 ini dengan cara-cara yang baru itu,” tambah Muhadjir.

Peringatan Imlek Nasional 2021 di masa pandemi Covid-19 akan mengambil tema “Untukmu Negeri, Kami Berbakti dan Peduli”. Peringatan tahun ini tidak menggunakan kata “perayaan” sebagai wujud prihatin masa pandemi Covid-19.

Peringatan Imlek Nasional akan dilaksanakan  pada hari Sabtu, 20 Februari 2021 secara virtual.

Rencananya peringatan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pejabat pemerintah dan para tokoh masyarakat.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *