Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Jadi Tamu Khusus di Wisuda XXIII UAI

oleh -26 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc. menjadi tamu khusus di kegiatan Wisuda XXIII Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta.

Basuki Hadimuljono menyampaikan orasi ilmiah bertema Pembangunan Infrastruktur dan Peran Generasi Muda Untuk Indonesia Yang Maju dan Sejahtera.

Selain Menteri Basuki, tampil juga sebagai tamu Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta.

Wisuda ini diselenggarakan pada Sabtu, 6 Februari 2021, secara offline dan virtual, diikuti 208 mahasiswa dari berbagai Program Studi Sarjana dan Program Studi Magister dan dilantik oleh Rektor melalui sidang terbuka senat universitas.

Sebelumnya, para wisudawan/i telah mengikuti prosesi Khatmul Quran pada Kamis, 4 Februari 2021 yang dilaksanakan juga secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Baca juga: Viral Wisudawan Diantar sang Ayah Pakai Becak Motor, Teman-temannya Diantar Pakai Mobil

Kegiatan khatam Quran yang dihadiri Ketua Umum Pengurus YPIA, Drs. H. Sobirin HS, Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, serta sivitas UAI dan YPIA dibimbing M. Yudi Ali Akbar, S.Sos.I., M.Si., dosen Program Studi Bimbingan Konseling Islam.

Baca juga: Sedih Tak Bisa Datang Wisuda karena Menikah, Wanita Ini Dapat Kejutan dari Dosennya

Dr. Faisal Hendra, M.Ed selaku Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya menyampaikan pembekalan mengenai pentingnya menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup.

Rektor UAI Prof Dr Ir Asep Saefudin M.Sc mengatakan, wisudawan/i ke-23 ini merupakan lulusan yang luar biasa karena mampu menyelesaikan pendidikan meski di tengah pandemi.

“Kalian harus terus belajar, berikanlah potensi terbaik untuk negara, maka pasti negara akan memberikan reward terbaik, giatlah mengasah kompetensi bidang keilmuan masing-masing, dan juga soft skill yang menunjang potensi dalam kehidupan setelah lulus,” pesannya.

Baca juga: Viral Gendong Ayah saat Wisuda, Jefri Ternyata Lulusan Terbaik Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Di kegiatan perkuliahan, UAI mengedepankan Good University Governance (GUG) dengan 5 perspektif, yaitu Academic Excellence, Student-Centered Program, Professional Management, Learning and Growth, dan Financial Stability.

Di tahun 2020 UAI berada di peringkat 87 klaster 3 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia dan 10 Terbaik di Jakarta untuk indikator output berdasarkan penilaian Kemendikbud RI, Peringkat 78 UI Green Metric dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dan 868 dari seluruh perguruan tinggi di dunia.

UAI juga meraih penghargaan dari Kemendikbud RI atas kontribusi di masa pandemi Covid-19, yaitu penciptaan alat Powered Air Purifying Respirator (PAPR) karya Dosen Teknik Industri, Ir. Ahmad Juang Pratama, M.Sc.

Alat ini menjadi salah satu produk inovasi yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada perayaan Hari Kebangkitan RI tanggal 20 Mei 2020 lalu.

Wisudawan terbaik pertama kali ini adalah M. Asykari Muslim dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab disusul wisudawan terbaik kedua Anis Alfitriya Syahida, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, dan terbaik ketiga Ahmad Syuhada, dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Program Studi Bimbingan Konseling Islam.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *