Mini Ranch Jayatama Berhasil Terapkan Sustainable Farming di Kutai Kertanegara

oleh -8 views

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Bramasta sukses mengembangkan mini ranch untuk budidaya sapi ternakan di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Mini ranch yang diberi nama Jayatama ini baru saja ketambahan tiga ekor sapi hasil persalinan sapi ternakan di mini ranch ini, bekerja sama dengan masyarakat lokal.

Lahirnya tiga ekor sapi ini merupakan kabar baik bagi warga sekitar,

“Dulu rata-rata angka kematian untuk pedet (anakan sapi) di desa ini cukup tinggi karena belum ada fasilitas ternak yang memadai.

Dulu warga terbiasa beternak di alam bebas.

Kini terpelihara dengan baik dengan adanya fasilitas kandang yang memadai, dan proses kelahiran dapat dimonitor dengan baik,” ujar Teguh, warga pemilik ternak.

Baca juga: Nasib 130 Ribu Ternak, Kayu, dan Teh yang Terjebak Kapal Ever Given, Ikut Ditahan di Terusan Suez

Ketiga ekor sapi yang lahir dinamakan sesuai dengan nama ranch tempat mereka lahir. masing-masing adalah Jaya, Tama, dan Putri.

Anakan sapi ini berturut-turut lahir pada 22 dan 23 Maret dan dimiliki oleh peternak sapi Mang Entis, Teguh dan Ki Ojo.

Saat ini, di Desa Jonggon Jaya dan Desa Margahayu terdapat kelompok peternak sapi sekaligus mendukung misi dibangunnya mini ranch Jayatama.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *