Pakar Industri Penerbangan: Reformasi dan Restrukturisasi Solusi Atasi Permasalahan Garuda Indonesia

oleh -8 views

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia diyakini harus mengambil langkah ‘whole package reformed’.

Langkah itu dianggap mampu untuk mengatasi masalah seperti utang maupun rute penerbangan yang tidak menguntungkan Garuda Indonesia.

Pakar Industri Penerbangan Hendra Soemanto mengatakan langkah ‘whole package reformed’ yakni reformasi dan restrukturisasi dalam semua aspek manajerial.

“Dan strategi ini harus terbebas dari kepentingan-kepentingan pihak dan golongan tertentu baik dari eksternal maupun internal organisasi,” ucapnya seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (22/6/2021).

Menurut Hendra, restrukturisasi diarahkan perampingan berbasis kinerja dan struktur birokrasi tidak bertingkat.

Baca juga: Ribuan Karyawan Ajukan Pensiun Dini, Dirut Garuda Indonesia Akui Belum Ada Uangnya

Jenjang jabatan panjang harus dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan agar berdampak kepada efisiensi biaya dan waktu.

Birokrasi panjang dan regulasi tumpang tindih akan mempersulit kerja pihak konsultan penerbangan yang ditunjuk manajemen Garuda Indonesia.

“Sebagus apa pun business plan yang ditawarkan tidak akan optimal hasilnya jika ada birokrasi yang menyulitkan,” ujarnya.

Regulasi dan birokrasi dari lembaga-lembaga terkait yang rumit serta menghambat kreativitas kerja Garuda Indonesia harus diintegrasikan dan diefisiensikan.

Selain itu, standard operating procedure (SOP) yang panjang dan kaku tentunya harus dapat diringkas dan lebih fleksibel serta berorientasi terhadap hasil (result oriented).

“Disinilah peran pemimpin untuk memfokuskan strategi bisnis lebih kepada hal-hal yang basic, lebih kepada negosiasi untuk memutus rantai birokrasi,” ujarnya.

Polemik internal Garuda Indonesia dampak dari panjangnya birokrasi lembaga-lembaga terkait seperti proses pengadaan dan penyewaan pesawat termasuk penentuan jenis dan tipenya.

“Sudah seharusnya manajemen Garuda Indonesia sebagai user diberikan kewenangan penuh dalam proses negosiasi berdasarkan analisis rute dan mempertanggungjawabkan kepada pemegang saham,” kata Hendra Soemanto.

[embedded content]

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Hendra Soemanto: Reformasi dan Restrukturisasi Jadi Solusi Atasi Polemik Internal Garuda Indonesia

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.