Partai Demokrat akan ajukan proses pemakzulan Trump terkait penyerbuan Gedung Capitol

oleh -36 views

Partai Demokrat berencana untuk mengajukan proses pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump atas perannya dalam penyerbuan ke Gedung Capitol pada Rabu lalu.

Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengatakan dia akan memulai proses pemakzulan apabila Trump tidak segera mengundurkan diri.

Tuduhan “memicu pemberontakan” akan dijadikan alasan anggota Senat dari Partai Demokrat untuk mengajukan upaya pelengseran atas Trump pada hari Senin.

Mereka menuduh Trump mendorong kerusuhan di Gedung Capitol yang telah menewaskan lima orang.

Presiden terpilih Joe Biden mengatakan pemakzulan harus diputuskan oleh Kongres, namun mengatakan dia sudah berpikir bahwa “Presiden Trump tidak cocok memegang jabatan itu untuk waktu yang lama”.

Gedung Putih menolak pemakzulan yang dianggap “dilatari motif politik” dan “hanya akan memecah belah negara”.

Jika proses pelengseran ini berjalan terus, maka ini kedua kalinya DPR AS melakukan upaya pemakzulan terhadap Presiden Trump.

Pada Desember 2019, DPR memakzulkan Trump dengan tuduhan penyalahgunaan kekuasaan. Tetapi Senat membebaskannya dari dakwaan tersebut pada Februari 2020.

Tidak ada presiden AS yang pernah dimakzulkan sebanyak dua kali. Namun demikian, prospek hukuman pemakzulan tampaknya sulit terealisasi, karena Trump didukung Partai Republik di Senat.

Hal ini berarti pemakzulan di DPR hanya akan menjadi tindakan simbolis untuk meminta pertanggungjawaban Trump atas penyerbuan Gedung Capitol.

Presiden Trump (kanan) bersama Wapres Pence.

Reuters

Wapres Mike Pence didesak berlakukan amandemen Konstitusi ke-25

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *