Pasal-pasal dalam UUD 1945 yang Mengatur Kewajiban dan Hak Warga Negara Indonesia

oleh -191 views

TRIBUNNEWS.COM – Hak dan kewajiban warga negara Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia di antaranya pasal 27 ayat 2, pasal 28A, pasal 28B ayat 1.

Mengutip KBBI, hak adalah sesuatu yang benar, milik, kewenangan, dan kekuasaan seseorang untuk berbuat sesuatu karena sudah diatur undang-undang atau peraturan.

Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau yang harus dilaksanakan.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 47, 48, 49, 50 Buku Tematik Pembelajaran 1 Subtema 2

Baca juga: 5 Hewan yang Memiliki Ciri Khusus dan Habitatnya, Ada Cicak hingga Bunglon

Selanjutnya, warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu.

Dikutip dari laman resmi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan.

Menurut Prof. Dr. Notonagoro, hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.

Kewajiban warga negara Indonesia

Adapun kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945 yakni di antaranya:

– Wajib menaati hukum dan pemerintahan.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.