PBB Peringatkan Myanmar atas Tanggapan Keras Terhadap Pengunjuk Rasa

oleh -16 views

TRIBUNNEWS.COM – Utusan khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan militer Myanmar tentang konsekuensi untuk setiap tanggapan keras terhadap pengunjuk rasa, yang menentang kudeta awal bulan ini.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara PBB melalui panggilan telepon dengan pemimpin militer Myanmar.

Pengunjuk rasa terus melakukan demonstrasi mengecam pengambilalihan kekuasaan pada 1 Februari 2020.

Mereka juga menuntut pembebasan Aung San Suu Kyi dan beberapa petinggi lainnya.

Skala protes yang meletus pada Senin (15/2/2021) lebih kecil daripada demonstrasi sebelumnya.

Baca juga: Imbas Kudeta Militer, BPS: Ekspor ke Myanmar Bakal Turun

Baca juga: Aparat Keamanan Myanmar Mulai Menembaki Para Demonstran

Para pengunjuk rasa berkumpul di sebelah kendaraan militer yang diparkir di sepanjang jalan di pusat kota Yangon pada 15 Februari 2021, pagi hari setelah militer Myanmar memutus internet negara dan mengerahkan pasukan tambahan di seluruh negeri.
Para pengunjuk rasa berkumpul di sebelah kendaraan militer yang diparkir di sepanjang jalan di pusat kota Yangon pada 15 Februari 2021, pagi hari setelah militer Myanmar memutus internet negara dan mengerahkan pasukan tambahan di seluruh negeri. (YE AUNG THU / AFP)

Kerumunan lebih kecil berkumpul di dua tempat di Kota Yangon pada Selasa (16/2/2021), tepatnya di dekat kampus universitas utama dan di bank sentral.

Lewat aksi tersebut para pengunjuk rasa berharap staf bergabung dengan gerakan pembangkangan sipil.

Selama kudeta Myanmar, militer yang berkuasa memutus jaringan internat dua malam berturut-turut pada Selasa, sekira pukul 09.00 waktu setempat, koneksi internet kembali pulih.

Dikutip dari Reuters, utusan khusus PBB, Christine Schraner Burgener berbicara kepada Wakil Kepala Junta pada Senin (15/2/2021).

“Schraner Burgener menegaskan, hak berkumpul secara damai harus sepenuhnya dihormati dan para demonstran tidak dikenakan pembalasan,” kata juru bicara PBB, Farhan Haq di PBB.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *