Pemerintah Janji Tak akan Sentuh Dana Wakaf, Wapres Sebut akan Digunakan untuk Ekonomi Umat

oleh -3.353.389 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polemik Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) hingga kini masih menjadi pembicaraan serius di kalangan umat islam dan sejumlah pemerhati ekonomi syariah.

Untuk memastikan penggunaan dana wakaf itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjamin pemerintah tak akan sedikitpun menyentuh  dana wakaf yang tersimpan dalam GNWU.

Ma’ruf menjelaskan bahwa program yang diluncurkan pemerintah seminggu yang lalau ini hanya bertujuan untuk mendongrak minat wakaf uang. Selain itu gerakan ini akan berjalan secara penuh untuk ekonomi umat, bukan pembangunan oleh pemerintah.

Melalui gerakan wakaf ini, pemerintah  mengajak masyarakat untuk berwakaf karena memiliki potensi ekonomi keumatan yang kuat.

Sehingga jika dijalankan, diharapkan gerakan ini akan menjadi pintu solidaritas untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan.

Baca juga: Maruf Amin: Wakaf Uang Bukan untuk Pemerintah

“Pemerintah hanya menfasilitasi supaya gerakan wakaf ini menjadi besar. Untuk itu pemerintah membuat GNWU, tapi bukan bertujuan bukan untuk pemerintah. Jadi tak benar jika ada asumsi pemerintah akan mengambil dana wakaf itu,” kata Ma’ruf dalam webinar MUI yang berjudul Literasi Wakaf Uang: Menjernihkan Sengkarut Bincang Publik, Kamis (11/2/2021).

Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini juga mengatakan banyaknya kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat dalam mengenal GNWU. Banyak yang mengira melalui program ini seolah-olah pemerintah sengaja menggenjot wakaf untuk pembangunan infrastruktur dan lain-lain.

Padahal, GNWU diluncurkan bukan bertujuan untuk pembangunan, melainkan untuk memastikan mendongkrak minat untuk berwakaf karena memiliki potensi besar untuk ekonomi keumatan.

“Keliru bila ada yang mengira bahwa pemerintah seolah-olah akan mengambil dana wakaf untuk pembangunan.

Baca juga: Wapres Jelaskan Masjid sebagai Pusat Peradaban dan Pemberdayaan Umat Islam

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.