Penangkapan Tanker Asing Bukti Bakamla Jaga Kedaulatan Maritim

oleh -36 views

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Petugas Badan Keamanan Laut (Bakamla) menggunakan Kapal KN Marore 322 berhasil mengamankan dua kapal berjenis motor tanker (MT)  Horse dari Iran dan MT Freya dari Panama.

Keduanya diduga melakukan transfer bahan bakar minyak (BBM) ilegal di perairan Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (24/1/2021).

Diamankannya kapal ini diapresiasi Ketua Umum Relawan Jokowi (Rejo), HM Darmizal MS.

Darmizal  menilai, Bakamla adalah institusi strategis yang handal menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

“Pengamanan kedua tanker tersebut tentu bukan hal yang kecil dan sederhana. Ini sangat luar biasa,” ujarnya, Selasa (26/1/2020).

Darmizal menyatakan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19 ini aparat tidak boleh lengah.

Baca juga: Pimpinan DPR Minta Kemenlu Cek Izin Legalitas Kapal Tanker Berbendera Iran dan Panama

Pasalnya, banyak pihak yang mencoba melakukan berbagai pelanggaran hukum dan gangguan di Indonesia termasuk di wilayah laut.

“Kesiapsiagaan Bakamla yang secara khusus berhasil mengamankan dua tanker raksasa yang melakukan aktifitas ilegal di perairan Indonesia adalah bukti bahwa Bakamla tanpa lelah dan terus menerus siaga menjaga kedaulatan maritim Indonesia. Ini suatu prestasi gemilang yang harus kita apresiasi,” pungkas Darmizal.

Dibawa ke Batam

Setelah penangkapan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan TNI Angkatan Laut (AL) menggiring dua kapal super tanker asing yakni MT Horse dari Iran dan MT Freya dari Panama ke Batam guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.