Pengadilan Malaysia Perintahkan Istri Mantan PM Najib Ajukan Pembelaan Atas Kasus Korupsi

oleh -26 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR—Pengadilan Malaysia pada Kamis (18/2/2021)  memerintahkan istri mantan perdana menteri Najib Razak, Rosmah Mansor untuk mengajukan pembelaan (pledoi) dalam sidang korupsi proyek bernilai jutaan dolar yang disetujui saat suaminya masih berkuasa.

Puluhan tuduhan diajukan terhadap pasangan itu setelah Najib kalah dalam pemilu 2018, di tengah kemarahan publik atas dugaan korupsi dan gaya hidup mewah mereka setelah penggerebekan polisi mengungkapkan Rosmah memiliki perhiasan dan tas mewah senilai jutaan dolar AS.

Pengadilan tinggi Kuala Lumpur memutuskan bahwa penuntut telah berhasil membuktikan alasan yang cukup dan meyakinkan agar kasus ini dilanjutkan.

Baca juga: Mantan PM Malaysia Najib Galang Dukungan untuk Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri

“Ini adalah temuan saya bahwa penuntut telah menghasilkan bukti yang kredibel untuk membuktikan setiap elemen pelanggaran … Saya sekarang memanggil terdakwa untuk mengajukan pembelaan,” kata hakim Mohamed Zaini Mazlan dalam putusannya, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (18/2/2021).

Rosmah, 69 tahun, mengatakan kepada pengadilan bahwa dia akan bersaksi di bawah sumpah.

Pengacaranya, Jagjit Singh, mengatakan setelah sidang pembelaan akan “terhambat sampai batas tertentu” karena hakim tidak menjelaskan faktor-faktor di balik keputusannya.

Dia menambahkan bahwa ini telah menyebabkan kliennya tertekan emosional.

“Kami harus sedikit menghiburnya. Kami hanya menyuruhnya kembali ke rumahnya dan menghilangkan semua stres yang telah dialaminya,” kata Jagjit kepada wartawan.

Baca juga: Skandal Korupsi 1MDB Najib Razak, Dipenjara 72 Tahun atas 7 Dakwaan Termasuk Pencucian Uang Rp 144 M

Rosmah menghadapi tiga dakwaan meminta dan menerima suap yang melibatkan sejumlah 194 juta ringgit (48,09 juta dolar AS) untuk membantu sebuah perusahaan, Jepak Holdings, mengamankan proyek tenaga surya.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *