Pengamat: Semakin Tua Usia Pesawat Semakin Banyak Kerusakan atau Malfunction yang Tersembunyi

oleh -24 views

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA –  Pengamat Penerbangan Budhi Muliawan Suyitno menyoroti usia pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh pada Sabtu (9/1/2021) sore di perairan Jakarta.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di kawasan perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021), berusia 26 tahun.

Mantan Menteri Perhubungan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur)  ini menegaskan, semakin tua usia pesawat itu, maka akan semakin banyak kerusakan atau  malfunction yang tersembunyi.

“Semakin tua usia pesawat itu, akan semakin banyak kerusakan atau  malfunction yang tersembunyi. Ini masalahnya,” ujar mantan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu ketika dihubungi Tribunnews.com, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: 3 Alat Pinger Finder Diturunkan untuk Lacak Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Baca juga: Keluarga Penumpang Sriwijaya Air SJ-182 Dipindahkan ke RS Polri Kramat Jati

Untuk itu metode perawatan pesawat pun harus semakin ketat dan rutin pengawasannya.

Dengan semakin tua pesawatnya, maka, dia tegaskan, metode perawatan pun harus semakin ketat dan rutin.

Begitu pula dengan pengawasan terhadap pesawat juga semakin sering dilakukan baik oleh maskapai maupun regulator.

“Maka makin tua pesawatnya, maka metode perawatan pun semakin ketat dan rutin pengawasannya. Ini kembali pada bagaimana best practice yang dilakukan oleh maskapai dan pengawasan dari regulator,” jelasnya.

Pilot juga hrus melakukan pemeriksaan detail terhadap pesawat dan catatan penerbangan dari pilot terdahulu untuk mengetahui kondisi pesawat yang tercatat di buku perawatan dan pengoperasian.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang diduga jatuh di kawasan perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021), berusia 26 tahun.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *