Penjualan Vaksin Palsu Mulai Bermunculan, Jepang Khawatirkan Vaksin Covid-19 Selundupan

oleh -47 views

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Pada awal Desember 2020, Organisasi Polisi Kriminal Internasional (ICPO, Interpol) menyampaikan kepada organisasi kepolisian di 194 negara anggotanya menentang peningkatan kejahatan fisik dan online terkait dengan vaksin corona, menurut surat kabar Inggris Guardian baru-baru ini.

“Penjualan vaksin palsu oleh sindikat kejahatan sudah mulai muncul seperti di Amerika dan penyelundupan vaksin pun telah dilakukan ke Jepang. Tentu dengan maksud cari untung, namun tentu saja ilegal dan harus kita lawan serta kehati-hatian tinggi menghadapinya,” papar sumber kepolisian Jepang kepada Tribunnews.com, Minggu (3/1/2021).

Menurut Interpol, pandemi virus corona telah membuat kejahatan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Seiring dengan semakin maraknya vaksin di masa depan, pencurian vaksin dan penjualan vaksin palsu oleh organisasi kriminal di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat.

Saat pergerakan orang meningkat lagi di masa depan, penjualan alat uji yang tidak sah dan curang akan meningkat lebih jauh.

Pasalnya, banyak daerah yang mewajibkan pengajuan sertifikat negatif.

Baca juga: PM Jepang Janji Vaksinasi Dimulai Paling Lambat Akhir Februari 2021

Oleh karena itu, setiap negara diwajibkan untuk memastikan keamanan dalam rantai pasokan dan mendeteksi situs gelap yang menjual produk palsu.

Beberapa vaksin palsu dan pengobatan palsu dapat mengganggu kesehatan secara signifikan.

Situs gelap untuk penjualan vaksin palsu menurut surat kabar Inggris “Financial Times”, sudah ada di sejumlah situs gelap yang menjual vaksin palsu di Amerika Serikat.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.