Perhatian, Ruang ICU Khusus Pasien Covid-19 di Depok Sudah Penuh

oleh -42 views

TRIBUNNEWS.COM, DEPOKKepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita membenarkan bahwa ruang ICU (intensive care unit) untuk pasien Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit di Depok saat ini sudah penuh.

“Ya, begitu,” ucap Novarita saat dikonfirmasi Kompas.com soal ruang ICU khusus Covid-19 di Depok sudah penuh, Selasa (5/1/2021).

Sebagai informasi, penuhnya rumah sakit dan ruang ICU telah dilaporkan di berbagai tempat di Indonesia seiring lonjakan kasus Covid-19 yang tak jua reda sejak pekan kedua November 2020.

Baca juga: Satgas Pantau 70.201 Suspek Covid-19 Per 5 Januari 2021

Baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah 6.643 Orang pada 5 Januari, Total 645.749 Orang

Novarita mengakui, ICU untuk pasien Covid-19 memang cenderung lebih cepat penuh karena ketersediaannya terbatas, yakni 56 ruangan di 21 rumah sakit di Depok.

“Ya, sama. Di sini juga begitu. Kan (ketersediaan ICU di Depok) cuma 56, yang butuh se-Depok,” kata dia.

Ia menambahkan, rumah sakit-rumah sakit di Depok sudah membedakan ruang isolasi, termasuk ICU, bagi pasien Covid-19 dan bukan pasien Covid-19.

“Tapi kan sekarang kasus-kasus juga banyak yang meningkat. Saya enggak bisa bilang kalau ICU non-Covid-19 masih banyak karena ICU kan sedikit. Saya tidak punya data yang non-Covid-19 ada banyak atau tidak yang butuh ICU,” ucap Novarita.

Pemerintah Kota Depok, dia menyebutkan, sedang menjajaki kesempatan untuk menambah ruang ICU di RS Universitas Indonesia.

Namun, Novarita belum dapat memberi kepastian target jumlah maupun waktu untuk penambahan ICU tersebut.

Di sisi lain, penambahan ICU khusus pasien Covid-19 bukan perkara gampang karena mesti dibarengi dengan tambahan tenaga medis yang mumpuni.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.