Peringatan Tsunami Pasca Gempa Bumi M 7,1 Bikin Panik Warga Chili

oleh -36 views

TRIBUNNEWS.COM, CHILI – Pihak berwenang Chili menyesalkan kepanikan warga yang dipicu akibat peringatan dini yang keliru pasca gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 pada Sabtu (23/1/2021).

Peringatan tsunami yang keliru tersebut meminta meminta orang-orang untuk keluar dari daerah pantai setelah gempa bumi di Antartika.

Dilansir Reuters, Kementerian dalam negeri Chili mengatakan di Twitter bahwa gempa berkekuatan 7,1 melanda pada pukul 8.36 malam.

Tepatnya 216 km timur laut dari basis ilmiah O’Higgins Chile dan menyerukan agar daerah pesisir Antartika dievakuasi karena risiko tsunami.

Baca juga: Pemerintah Berikan Bantuan Stimulan Rp10-50 Juta bagi Korban Gempa Sulbar 

Kementerian juga mengirim pesan ke telepon seluler di seluruh negeri, mendesak orang-orang untuk meninggalkan daerah pesisir.

Meskipun kementerian terkait kemudian mengatakan kalau peringatan itu dikirim karena kesalahan.

“Kami ingin memberikan ketenangan pikiran kepada penduduk, memberitahu mereka bahwa tidak perlu mengevakuasi seluruh wilayah nasional, hanya pangkalan Antartika,” kata Miguel Ortiz dari Kantor Darurat Nasional (ONEMI) kementerian dalam konferensi pers.

Dia mengatakan agensi menyesali ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pesan-pesannya, yang dia sebut sebagai kesalahan teknis.

Peringatan tsunami untuk Antartika kemudian dicabut.

Orang-orang di kota-kota pesisir termasuk La Serena, di sebelah utara Santiago, dan Valparaiso, mulai meninggalkan daerah yang dekat dengan pantai setelah peringatan tersebut sampai muncul laporan bahwa itu adalah alarm palsu.

Penulis: Larasati Dyah Utami

Editor: Hasanudin Aco

Ikuti kami di

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.