Presiden Biden Akhiri Dukungan AS ke Arab Saudi Terkait Perang Yaman  

oleh -32 views

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Presiden AS Joseph ‘Joe’ Biden mengakhiri dukungan untuk perang yang dijalankan Arab Saudi di  Yaman.  

Biden menunjukkan pemerintahan baru AS merencanakan peran AS yang lebih aktif dalam upaya untuk mengakhiri perang saudara di negara itu.

“Perang ini harus diakhiri. Untuk menggarisbawahi komitmen kami, kami mengakhiri semua dukungan Amerika untuk operasi ofensif dalam perang di Yaman, termasuk penjualan senjata yang relevan, “kata Biden dalam pidatonya di Departemen Luar Negeri.

“Pada saat yang sama,” katanya Jumat (5/2/2021) WIB, Arab Saudi menghadapi serangan rudal, serangan UAV (drone) dan ancaman lain dari kelompok bersenjata yang disuplai Iran di banyak negara.

“Kami akan terus mendukung dan membantu Arab Saudi mempertahankan kedaulatannya dan integritas teritorialnya serta rakyatnya,” kata Biden.

Baca juga: Blinken Akan Stop Dukung Saudi di Yaman, Haines Janji Buka Rahasia Pembunuhan Khasoggi  

Baca juga: Pompeo Nyatakan Houthi sebagai Kelompok Teroris, Dikhawatirkan akan Perburuk Krisis Yaman

Arab Saudi menyambut baik pernyataan Biden, terutama komitmennya terhadap pertahanan negara dan mengatasi ancaman terhadapnya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan al-Saud menyambut baik kerja sama dengan pemerintahan Biden untuk menyelesaikan masalah di kawasan itu.

Ia tidak mengomentari keputusan AS mengakhiri dukungan bagi upaya perang Arab Saudi di Yaman.

“Kerajaan Arab Saudi menyambut baik komitmen Amerika Serikat, yang diungkapkan dalam pidato Presiden Biden hari ini, untuk bekerja sama dengan Kerajaan dalam mempertahankan keamanan dan wilayahnya,” kata Farhan al-Saud di Twitter seperti dikutip Aljazeera, Jumat (5/2/2021).

Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman mengulangi sentimen yang sama dalam serangkaian tweet pada Kamis malam waktu Riyadh.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.