Rohadi PNS Tajir Didakwa Terima Suap Rp 4,6 Miliar

oleh -35 views

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa PNS Mahkamah Agung (MA) yang menjabat Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi menerima suap Rp4,66 miliar. 

Suap itu diterima Rohadi dari sejumlah pihak yang berperkara di PN Jakarta Utara, dengan tujuan agar Rohadi mengurus perkara mereka, yakni melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajiban terdakwa selaku Panitera Pengganti.

“Padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya,” kata jaksa KPK, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/2/2021).

Penerimaan suap pertama Rohadi terjadi pada tahun 2015 sebesar Rp1.210.000.000 (Rp1,2 miliar) yang diterima dari dua anggota DPRD Papua Barat periode 2009-2014, Robert Melianus Nauw dan Jimmy Demianus Ijie.

Baca juga: Mahkamah Agung Kabulkan PK eks Panitera Rohadi, Hukuman Dikorting Jadi 5 Tahun

Robert dan Jimmy pada tahun 2014 didakwa melakukan korupsi, dan divonis satu (1) tahun tiga (3) bulan oleh PN Tipikor Jayapura.

Pada tingkat banding, Pengadilan Tinggi Jayapura menaikkan hukuman Robert Melianus Nauw menjadi 4 (empat) tahun penjara dan hukuman Jimmy Demianus ijie menjadi 2 (dua) tahun penjara. Sehingga mereka mengajukan upaya hukum Kasasi ke Mahkamah Agung.

Dalam proses kasasi, Robert dan Jimmy ditawari oleh seorang hakim ad hoc Pengadilan Tinggi Jayapura atas nama Julius C Manupapam yang disebut bisa membantu lewat “orang dalam” Mahkamah Agung agar putusan Kasasi dapat dinyatakan bebas.

Julius C Manupapami lalu mengajak Robert dan Jimmy menemui Sudiwardono selaku Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura.

Baca juga: Tempat Karaoke di SCBD Jadi Lokasi Penyerahan Uang Suap Bansos Covid-19

Sudiwardono membenarkan ada temannya yang bisa membantu mengurus perkara tersebut, yang tak lain adalah Terdakwa Rohadi

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.