Romo Benny Susetyo Minta Anies Belajar dari Ahok Atasi Banjir Jangan Kita Salahkan Alam

oleh -42.406 views

TRIBUN-VIDEO.COM – BMKG telah mengeluarkan peringatan dini hujan lebat berpotensi menimbulkan banjir pada 23-24 Februari 2021.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo menilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seharusnya bisa belajar dari Ahok untuk mengatasi banjir.

Menurut Benny, Anies seharusnya juga bisa melihat dan memperbaiki kekurangan dari masa kepemimpinan Ahok dalam penanganan banjir.

“Apa yang dilakukan Ahok harus dilanjutkan seharusnya. Sehingga penataan kota Jakarta dalam mengatasi masalah banjir itu menyeluruh tidak parsial dan tidak sifatnya politis. Kalau sifatnya politis, ga akan selesai-selesai,” ujar Benny Susetyo seperti dikutip Kompas.TV, Senin (22/2/2021).

Dikutip dari Kompas TV, Benny mengatakan, upaya yang dilakukan Ahok untuk mengatasi banjir saat masih menjabat antara lain, dengan pengerukan.

Kemudian pembersihan drainase, membuat pasukan kuning atau pasukan orange.

Menurut Benny saat ini teknologi sudah bisa memantau hujan.

Artinya, sebagai pemimpin seharusnya Anies mempersiapkan kebijakan yang jelas dan terukur untuk mengatasi banjir.

“Jangan kebijakan yang baik itu karena berbeda pandangan politik tidak diteruskan. Harusnya sesuatu yang sudah didesain dan memberi manfaat bagi keselamatan bagi banyak orang yang dilanjutkan,” tambah Benny.

Bagi Benny, persoalan banjir Jakarta juga terjadi karena tidak adanya political will dalam proses menanganinya.

“Kalau ada kemauan politiknya dari pemimpinnya, elit-elitnya, maka penyelesaian banjir ini bisa diselesaikan tidak sektoral, tetapi menyeluruh,” kata Benny.

“Jangan kita menyalahkan alam, karena curah hujan tinggi, cuaca ekstrem, kemudian seolah-olah alam, padahal manusia diberi oleh tuhan kemampuan. Kemampuan untuk apa? Memprediksi, setiap masalah itu ada cara untuk mengatasinya,” tegas Benny.

Menurutnya pemerintah juga tidak bisa menyalahkan dan menggunakan situasi alam sebagai alasannya.

“Jadi kalau kita lihat fenomena banjir, ini tidak hanya fenomena alam, tetapi juga fenomena manusia yang serakah, karena manusia tidak mau memperhatikan ekosistem lingkungan. Jadi hancur ya lingkungan seperti ini,” ujarnya.

Karena Benny menilai banjir juga terjadi karena kesalahan manusia yang serakah dan koruptif dalam kebijakan.

Seperti membuat wilayah-wilayah yang seharusnya menjadi resapan justru dibangun mall dan lainnya. (Tribun-video.com/Kompas.TV)

SUMBER:
https://www.kompas.tv/article/149170/benny-susetyo-minta-anies-belajar-dari-ahok-atasi-banjir?page=all

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *