Sampah Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta 3,2 Ton, Dinas Lingkungan Hidup DKI: Tahun Lalu 125 Ton

oleh -38 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perayaan tahun baru di DKI Jakarta pada Kamis (31/12) malam dilakukan tanpa keramaian. Namun ribuan petugas kebersihan tetap disiagakan sebagai langkah antisipasi.

Tercatat, pada 1 Januari 2021 petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengumpulkan sampah seberat 3,2 ton.

Sampah itu dikumpulkan dari lokasi yang kerap dijadikan tempat masyarakat merayakan pergantian tahun.

Baca juga: BNPB: Banjir Genangi Rumah Warga di Demak Pasca Pergantian Tahun

Kendati mengumpulkan 3,2 ton sampah, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan jumlah tersebut jauh berkurang dibanding tonase tahun lalu yang bisa mencapai 125 ton.

“Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun di DKI sebanyak 3,2 ton. Jumlah ini turun drastis dari tonase tahun lalu yang mencapai 125 ton. Pukul 02.00 WIB, Ibukota telah kembali bersih,” kata Syaripudin dalam keterangannya, Jumat (1/12/2020).

Penurunan drastis jumlah sampah ibu kota saat malam tahun baru, tak lain disebabkan larangan pemerintah menggelar perayaan pergantian tahun.

Baca juga: FPI Bentuk Organisasi Baru, Mahfud MD: Boleh Saja Asal Tidak Melanggar Hukum

Kebijakan tersebut membuat masyarakat tidak berbondong – bondong pergi ke tempat yang biasanya dijadikan lokasi perayaan.

Apalagi, Pemprov DKI juga ikut menutup sejumlah area publik dan tempat wisata. Salah satunya sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, dan kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Ketegasan Pemprov DKI dan kedisiplinan warga Jakarta dalam mencegah penyebaran Covid-19 dalam mencegah kerumuman berimbas juga ke jumlah sampah,” pungkas dia.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *