Soal Pergantian Kapolri, ICW: Ada Gagasan Istana Gatot Eddy & Listyo Sigit Jadi Kapolri-Wakapolri

oleh -75 views

TRIBUN-VIDEO.COM – Tersisa waktu sebulan jelang purna tugas Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis.

Sejumlah nama petinggi kepolisian disebut-sebut cocok untuk menggantikannya.

Indonesia Police Watch ( IPW) kemudian mengungkapkan, bahwa sedang beredar gagasan di lingkungan Istana Kepresidenan untuk mengganti satu paket posisi kapolri dan wakapolri.

Ketua Presidium IPW Neta S. Pane dalam keterangannya, Rabu (6/1/2021) mengungkapkan gagasan itu yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis.

Sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy.

Dikutip dari Kontan.co.id, menurut Neta, gagasan itu semakin serius dibahas di Istana atau kalangan dekat Presiden Joko Widodo jelang penyerahan nama kapolri baru ke DPR.

Ia juga mengungkapkan bahwa dari kalangan Polri berharap Jokowi memilih jenderal senior sebagai pengganti Kapolri Idham Azis. Begitu juga untuk posisi Wakapolri.

“Sementara dari kalangan internal Polri berharap Presiden Jokowi memilih jenderal senior sebagai Kapolri pengganti Idham Azis. Begitu juga untuk posisi Wakapolri diharapkan dipilih dari jenderal senior dan bukan jenderal junior,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelum menyerahkan nama calon kapolri ke DPR, Presiden Jokowi akan menerima usulan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Neta memperkirakan, usulan nama calon Kapolri sudah diserahkan oleh Wanjakti.

Sementara, ia memprediksi Kompolnas akan menyerahkan usulan itu pada Jumat (8/1/2021).

Presiden Jokowi kemudian akan memilih nama calon pengganti Idham Azis untuk diserahkan ke DPR.
Calon itu selanjutnya mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan oleh DPR.

Menurut Neta, Jokowi harus memilih calon kapolri yang loyal, mampu mengonsolidasi institusinya, memiliki kemampuan yang disegani senior dan junior, dekat dengan tokoh masyarakat, serta berpengalaman dalam menjaga keamanan masyarakat. (Tribun-video.com/Kontan.co.id)

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/jelang-pergantian-kapolri-ipw-ungkap-muncul-gagasan-istana-soal-pergantian-sepaket

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *