Soal Pernyataan ‘HGU Gila’, Pengamat: Seharusnya Menkopolhukam Tahu Cara Menegakkan Keadilan

oleh -127 views

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menyesalkan keluhan Menko Polhukam Mahfud MD terkait persoalan pertanahan yakni ribuan hektar Hak Guna Usaha (HGU) Gila yang dikuasai segelintir orang.

Seharusnya Mahfud MD yang kini menjabat sebagai Menko Polhukam seharusnya segera mengambil langkah konkret untuk menyelesaikannya terkesan malah hanya bisa mengeluh. 

“Saya iba dan sedih jika Menkopolhukam tidak tau dan seperti tidak punya cara untuk menegakan keadilan.

Untuk sesuatu yang selalu menyebabkan ketidakadilan, pasti ada jalan untuk mengubahnya. Dan yang efektif mengubah itu adalah negara dengan kuasa pemerintahnya,” kata Ray kepada wartawan, Senin (28/12/2020).

“Itulah makna penting negara, dan makna penting bernegara,” imbuhnya.

Baca juga: Mahfud MD Beberkan Ancaman pada 2021: Serangan Siber, Berita Bohong hingga Covid-19

Menurut Ray, di negeri yang berasaskan Pancasila seperti Indonesia, amanah menegakan keadilan sosial adalah amanah yang harus dijalankan dengan prinsip Pancasila itu sendiri.

“Jadi, saya iba dan sedih jika mendapatkan satu menteri dengan kekuasaan besar di tangannya, hanya mampu menuliskan kerumitan tapi tidak mampu menjelaskan solusi,” ujarnya.

Ray menjelaskan, soal kepemilikan HGU dengan jutaan hektar yang dimiliki segelintir orang di tanah air ini sebetulnya sudah menjadi pengetahuan umum.

Bahkan, Ray Rangkuti meyakini mantan Ketua MK itu sudah mengetahui persoalan ‘HGU Gila’ yang dikeluhkannya itu.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.