Suara Kendang Bisa Menambah Imun Tubuh

oleh -12 views

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Bagi seorang Asep Ganjar Wiresna, kendang adalah sebuah instrumen yang memiliki fungsi lebih banyak dari sekadar alat musik.

Kendang adalah instrumen yang bisa membuat orang bahagia. Kendang, menurut Asep, bisa membuat orang mengangguk-angguk dan bergoyang ketika mendengar kulitnya ditabuh.

“Kendang bisa membuat seseorang secara psikologis bertambah baik, menambah imun bertambah baik, dan membuat orang bahagia saat mendengarkannya, baik yang paham maupun yang tidak,” ujar Asep.

Asep menyebutkan bahwa kendang adalah media yang bisa membuat orang merasa senang. Ketika mendengarkan kendang, maka pendengarnya akan bergerak mengikuti alunan tabeuhan yang dibunyikannya.

Saking bisa membuat orang bergoyang, menurut Asep, ada pribahasa yang menyebutkan “Anu burung diangklungan, anu edan dikendangan” untuk menggambarkan betapa kendang bisa memberikan pengaruh semangat tinggi kepada pendengarnya.

“Edan di sini bukan berarti orang gila, namun dalam arti orang yang memiliki impresi dan semangat tinggi,” katanya. (kemal setia permana)

Baca juga: Asep Ganjar Penyandang Gelar Doktor Kendang Pertama

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.