Terserang Penyakit Menular CSF, 6.000 Ekor Babi di Perfektur Mie Jepang Mati

oleh -53 views

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Pemda Mie Jepang telah mengkonfirmasi sedikitnya 6.000 babi mati karena penyakit menular CSF (Classical Swine Fever) di Perfektur Mie akhir-akhir ini.

“Infeksi penyakit menular CSF babi dan demam babi, di dalam Prefektur Mie telah terdeteksi dan akan melanjutkan segera dengan pembunuhan babi yang dipelihara di beberapa peternakan babi yang ada di Mie,” ungkap sumber Tribunnews.com, Rabu (30/12/2020).

Pemda Mie telah melaporkan sebelumnya bahwa 20 ekor babi mati dalam tiga hari dari peternakan babi di Kota Iga hingga tanggal 28 Desember.

Dan pada tanggal 29 Desember, ketika diperiksa oleh badan inspeksi nasional, infeksi demam babi terkonfirmasi.

Pihak perfektur mengadakan pertemuan pada malam tanggal 29 Desember, dan melanjutkan dengan tindakan seperti membunuh sekitar 6.600 babi yang dipelihara di peternakan babi dan mendisinfeksi fasilitas tersebut.

Baca juga: Polisi Gadungan di Jepang Datangi Rumah-rumah Warga, Rampok Uang Tunai Rp 1,6 Miliar

Di sisi lain, saat ini, semua anak babi yang dipastikan terinfeksi adalah anak babi sebelum divaksinasi demam babi.

Dan karena peternakan babi di perfektur tersebut telah divaksinasi, pembatasan seperti pengiriman dibatasi ke peternakan babi di sekitarnya.

Infeksi babi di Jepang terkonfirmasi di peternakan babi di Perfektur Yamagata pada tanggal 25 Desember dan juga di peternakan babi di Perfektur Gunma pada bulan September 2020.

Menurut Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang, CSF tidak menginfeksi manusia karena penyakit babi dan babi hutan, dan daging babi yang terinfeksi CSF tidak masuk ke pasar.

Classical Swine Fever (CSF) atau demam babi klasik juga dikenal sebagai hog cholera, adalah penyakit virus menular dari babi domestik dan liar.

Baca juga: Carlos Ghosn, Buronan Mantan Bos Nissan Jepang Pernah Menawarkan Pakai Gelang Elektronik

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus Pestivirus dari famili Flaviviridae, yang berkerabat dekat dengan virus penyebab diare virus sapi pada sapi dan penyakit perbatasan pada domba.

Hanya ada satu serotipe virus CSF (CSFV).

CSF adalah penyakit yang terdaftar oleh Kode Kesehatan Hewan Terestrial Organisasi Dunia OIE (OIE) dan harus dilaporkan ke OIE (Kode Kesehatan Hewan Terestrial OIE).

Penyakit CSF pada babi tidak menular kepada manusia.

Source

Tentang Penulis: Redaksi 0307

Gambar Gravatar
A Technical Content Writer at tribun.anasibrahim.com, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. Anas is eager to help people to improve their business on the internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.